Lakukan 5 Prinsip Dasar Keuangan Agar Anda Bisa Kaya

Lakukan 5 Prinsip Dasar Keuangan Agar Anda Bisa Kaya
UANG | 3 Juni 2020 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Tidak semua orang dapat pensiun dalam usia 30-an, namun tetap mencapai kemandirian finansial. Bekerja keras belum tentu mampu mengantarkan Anda dalam situasi ini. Meski demikian, Anda tidak harus menjadi jenius uang untuk sampai ke sana.

Ahli Keuangan, Steve Adcock telah melakukannya. Pada tahun 2016, setelah mengumpulkan tabungan hampir USD 1 juta, dia berhenti dari pekerjaannya di perusahaan pengembangan perangkat lunak dan pensiun pada usia 35 tahun.

Menurutnya, tidak ada orang yang ingin bangkrut selama sisa hidup mereka. Meski Anda tidak ingin pensiun, Anda tetap bisa menerapkan 5 prinsip dasar keuangan agar bisa cepat kaya, dilansir CNBC Make It.

1 dari 5 halaman

Kebebasan Finansial

Aturan pertama adalah yang paling penting, dan tidak ada hubungannya dengan uang. Ini tentang keinginan untuk mencapai tujuan yang cukup untuk menjadikannya prioritas utama Anda.

"Saya fokus membuat perubahan dramatis pada kebiasaan finansial saya. Alih-alih membiarkan uang saya diam, saya berinvestasi lebih banyak. Saya juga mulai menabung 70 persen dari penghasilan saya. Awalnya sulit, tetapi menjadi lebih mudah karena saya terus mengingatkan diri sendiri bahwa semua yang telah saya belanjakan adalah hal-hal yang tidak saya gunakan atau butuhkan."

2 dari 5 halaman

Tingkatkan Penghasilan

Meski dirinya sudah memiliki pekerjaan, namun dia selalu memikirkan cara untuk menggunakan keterampilan guna meningkatkan penghasilan secara aktif selama dirinya tidak berada di kantor.

Akhirnya, Adcock memulai situs keuangan dan menulisnya secara konsisten. Dari situs tersebut, dirinya mendapatkan penghasilan bulanan rata-rata USD 1.000. Selain itu, dia dan istrinya, Courtney, juga memulai saluran YouTube yang mendokumentasikan perjalanan mereka, dan dapat menghasilkan USD 400-500 per bulan.

3 dari 5 halaman

Investasi

Adcock dan istrinya membangun banyak kekayaan dengan berinvestasi, seperti pasar saham, real estate, bisnis dan peninggalan atau benda bersejarah. Selama tahun-tahun berikutnya, berkat investasi mereka bisa meningkatkan tabungan menjadi lebih dari USD 1 juta.

"Ketika datang untuk berinvestasi, terlambat selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika Anda belum memulai, ada banyak sumber daya daring atau Anda dapat berbicara dengan penasihat keuangan terpercaya."

4 dari 5 halaman

Ketahui kemana uang Anda pergi

uang anda pergi

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan utang adalah mengetahui dengan pasti ke mana uang Anda pergi. Ini adalah prinsip dasar, tetapi begitu banyak orang tidak memiliki disiplin untuk duduk sebulan sekali dan meninjau pengeluaran mereka.

Beberapa tindakan sederhana akan dapat membuat perbedaan besar dalam keuangan Anda:

1. Lihatlah tagihan Anda alih-alih membuangnya. Pastikan Anda memahami setiap item baris pada tagihan Anda.
2. Pengeluaran 'Menyenangkan' harus dilakukan setelah membayar tagihan Anda dan mendanai rekening pensiun Anda.
3. Jangan abaikan pengeluaran kecil. Mereka dapat memberi tahu Anda banyak tentang kebiasaan belanja apa yang merugikan Anda.
4. Langganan bulanan terkadang dilupakan. Pastikan Anda mengetahui berapa biayanya dan apakah Anda benar-benar menggunakannya atau tidak.

5 dari 5 halaman

Lepaskan Diri dari Hal-Hal yang Tidak Dibutuhkan

dari hal hal yang tidak dibutuhkan

Anda tidak perlu mengurangi segalanya. Prinsip ini adalah tentang mengevaluasi kembali prioritas. Membelanjakan uang secara bebas untuk hal-hal yang memberi Anda kesenangan abadi hanya memotong pengeluaran yang tidak penting.

"Courtney dan saya sekarang hidup sangat hemat, dan kami tidak bisa lebih bahagia. Kami memotong TV kabel dan menggunakan langganan streaming dengan setengah harga. Kami hanya menghabiskan $ 50 per bulan untuk makan di restoran. Kami membeli pakaian baru kurang dari dua kali setahun. Kami hanya memutakhirkan ponsel kami jika benar-benar rusak," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Tujuan Kebijakan Moneter bagi Perekonomian Bangsa, Penting Diketahui
Ingin Bisnis Anda Lancar Saat Kenormalan Baru, Perhatikan 5 Hal Ini
Tips untuk Pemilik Bisnis Kecil Hadapi Era New Normal
Tips Kelola Uang THR di Masa Pandemi Corona
Menjadi Malas Baik Untuk Kinerja Otak Saat Pandemi Corona, Ini Alasannya
Penukaran Uang di Jalan Timbulkan Banyak Kerugian, Ini 4 Fakta yang Harus Diketahui

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5