Lepas Ekspor Water Meter, Wamendag Yakin RI Bisa Hasilkan Produk Teknologi Tinggi

Lepas Ekspor Water Meter, Wamendag Yakin RI Bisa Hasilkan Produk Teknologi Tinggi
UANG | 19 November 2020 14:00 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melepas ekspor water meter ke Amerika Serikat. Produk tersebut memiliki teknologi ultrasonic sehingga bisa mengukur dengan akurasi yang sangat tinggi, berbeda dengan pengukur analog dan digital biasa.

Menurutnya, ekspor ini membuktikan Indonesia sebenarnya bisa menghasilkan produk-produk berteknologi yang punya nilai tambah tinggi. Sehingga, peran Indonesia di bidang teknologi di level global bisa terus ditingkatkan.

"Kita bangga dengan ekspor produk teknologi tinggi ini. Jadi, kita berproduksi bukan hanya untuk pasar dalam negeri tetapi juga untuk pasar dunia. Ke depan saya optimis kita bisa mengambil peran yang lebih signifikan dalam rantai global produk-produk teknologi. Kita bisa karena kita punya kemampuan dan sumber daya," kata Jerry di Jakarta, Kamis (19/11).

Dia menyebut, kerja sama dan kolaborasi antar stake holders perlu diintensifkan untuk menghasilkan produk yang berdaya saing di level global. Antara lain, setiap pengusaha nasional diharapkan bisa memaksimalkan komunikasi baik dalam bisnis maupun riset dan pelatihan untuk mengembangkan teknologi. Pihaknya pun berjanji akan terus mendukung dari sisi regulasi.

"Untuk berjaya di produk teknologi, tentu tak lepas dari kebijakan, baik di kebijakan produksi maupun perdagangan. Perdagangan penting karena perdaganganlah yang membuat produksi dan inovasi bisa terus hidup secara berkelanjutan. Produk dan inovasi bisa dijual dengan baik jika sistem perdagangan juga mendukung. Disitulah urgensi peran Kementerian Perdagangan," paparnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Satnusa Persada Batam, Abidin Hasibuan mengatakan, keberhasilan Indonesia dalam sektor produk teknologi tinggi akhir-akhir ini tak lepas oleh kebijakan pemerintah tentang batas kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30 persen.

Ketentuan itu berlaku di sektor produk telepon (smartphone) dan computer genggam (tablet). Ke depan dia berharap ketentuan TKN bisa diperluas ke produk lain.

Baca Selanjutnya: TKDN...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami