Lewat Pahlawan Digital UMKM, Menkop Teten Ajak Milenial Berwirausaha

Lewat Pahlawan Digital UMKM, Menkop Teten Ajak Milenial Berwirausaha
UANG | 21 September 2020 12:24 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah menggelar program Pahlawan Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memberi apresiasi kepada para inovator digital UMKM. Sejak dibuka pada 12 September 2020 lalu, program ini telah diminati oleh 126 pendaftar, dan sebanyak 30 inovator terpilih menjadi inovator pahlawan digital.

Melalui program ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimis UMKM akan naik kelas. Apalagi dengan situasi pandemi saat ini, di mana banyak konsumen yang beralih pada transaksi digital. Sehingga transisi UMKM menuju digital juga akan membawa kemajuan bagi kelangsungan UMKM.

"Optimisnya, dari pandemi covid-19 saja banyak inovasi digital yang baru, platform digital yang saya kira diinisiasi oleh anak muda yang luar biasa. Dan kita kaya, banyak sekali anak muda yang punya inovasi bisnis termasuk aplikasi digital," kata Teten dalam Press Conference Pahlawan Digital UMKM - 30 Inovator Digital Umkm, Senin (21/9).

Dia menjelaskan, Pahlawan Digital UMKM juga bertujuan untuk menjaring inovator muda lain yang sudah memulai inovasi untuk membantu UMKM. Dalam program ini, Putri Tanjung yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bertujuan untuk menemukan dan mendukung lebih banyak lagi tech startup, SaaS, dan/atau gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu UMKM terdigitalisasi.

Menurut Teten, program ini dapat menjadi peluang bisnis generasi muda, sekaligus membantu para UMKM untuk merambah pemasaran digital.

"Saya optimis, gerakan pahlawan digital ini akan banyak memotivasi anak-anak muda untuk berkreasi di tengah situasi yang sulit ini. Bahkan saat ini di tengah pandemi covid-19, di mana pergerakan manusia dibatasi termasuk konsumsi yang sekarang eranya digital," tandasnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Kisah Bos Se'i Sapiku Indonesia, Bangkit di Tengah Pandemi dan Pekerjakan Korban PHK
Baleg Usul UMKM Tetap Dipungut Biaya Perizinan Dirikan Perseroan di RUU Cipta Kerja
Sejak 1993, Pertamina Telah Salurkan Rp 3,5 T untuk 63.000 UMKM
PLN Siapkan Dana Rp 30,7 Miliar Tahun ini Bina 6.355 UMKM
Rahasia UKM Sepatu Berusia 128 Tahun Tolak Gulung Tikar Imbas Corona
Deretan Upaya BUMN Selamatkan UMKM di Tengah Hantaman Pandemi Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami