Lewat Pemindahan Ibu Kota, Jokowi Cita-Cita Ekonomi Indonesia Masuk 3 Besar Dunia

UANG | 14 November 2019 16:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemindahan ibu kota memberi dampak pemerataan ekonomi. Presiden Jokowi bercita-cita, lewat pemindahan ibu kota, ekonomi Indonesia masuk 3 besar dunia.

Dia pun meyakini pembangunan ibu kota baru dapat membawa Indonesia menjadi negara besar, mengubah wajah Tanah Air di level internasional. "Kita ingin menunjukan bahwa negara ini pada suatu titik akan masuk ke negara dengan ekonomi terkuat, bahkan 3 besar dunia," jelasnya di Jakarta, Kamis (14/11).

Dia mengulas, pertumbuhan ekonomi tak hanya boleh dinikmati oleh daerah-daerah sentral saja seperti Jakarta atau pun Pulau Jawa. "Saya perlu sampaikan bahwa penduduk kita 56 persen atau sekitar 149 juta itu ada di Pulau Jawa. Kemudian PDB ekonomi kita 58 persen ada di Pulau Jawa. Paling besar itu di Jakarta. Sehinga perlu adanya pemerataan," tuturnya.

Presiden Jokowi bercerita, kajian pemindahan ibu kota baru sebenarnya merupakan pemikiran lama yang bahkan sudah terjadi sejak di era kepemimpinan Soekarno hingga Soeharto.

"Dan 5 tahun lalu kita kaji ulang lagi pemindahan ibu kota ini. Dan secara sejarah, Kaltim minim dari bencana seperti tsunami dan banjir," ujarnya.

1 dari 3 halaman

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi 'The Best City on The Earth'

Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur, menjadi kota terbaik di dunia. Ibu kota negara baru adalah hadiah Indonesia untuk dunia.

Jokowi punya mimpi. Ibu kota baru bisa melebihi Dubai, Uni Emirate Arab yang memiliki jargon kota paling bahagia. Setidaknya, ibu kota baru harus menjadi kota terbaik dan paling inovatif di dunia.

"Kita memang mimpinya memang harus tinggi. Jika Dubai, punya jargon the happiness city on the earth. Ibu kota baru nanti, the best on earth, yang cleanest city, the most innovative city dan the most yang lainnya," kata Jokowi dalam peresmian pembukaan konstruksi Indonesia di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (6/11).

2 dari 3 halaman

Smart Metropolis

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan, ibu kota baru bukan sekadar memindahkan istana dan kantor pemerintahan saja. Lebih dari itu. Pemerintah akan membangun kota metropolis.

"Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada cluster pemerintahan, ada cluster teknologi dan inovasi seperti silicon valley. Ada cluster pendidikan, universitas terbaik ada di sana, cluster layanan kesehatan, dan cluster wisata," jelasnya.

Bukan hanya itu, konsep pembangunan ibu kota baru juga harus menjamin kualitas hidup para penduduknya dengan menggunakan kendaraan bebas emisi. Nantinya, kata Jokowi, penduduk bisa jalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi publik bebas emisi.

"Bukan hanya kota pemerintahan. Kota baru juga kota bisnis. Tetapi bisnis yang bebas emisi, atau industri yang bebas emisi yang pekerjakan orang kelas dunia," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Jadi Tempat Tinggal Orang Hebat Dunia

Mantan Walikota Solo itu menyatakan google global talent juga ingin hadir di ibu kota baru. Kehadiran google global talent akan menarik diaspora untuk pulang ke Indonesia.

"Diaspora kita akan pulang dan menarik orang hebat dunia untuk tinggal di sini. Hal ini akan terjadi jika kota ini sediakan lapangan kerja yang berkelas," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, ibu kota baru juga harus menyediakan suasana dan pelayanan yang berkualitas kelas dunia khususnya, di bidang kesehatan dan pendidikan. Selain itu, Jokowi ingin ibu kota baru sehat dan ramah lingkungan.

"Kota yang hidup menyenangkan dan ramah. Kota yang compact dan humanis, pelayanan publik yang lengkap dan berkualitas. Ini harus kita rancang secara baik sejak awal. Kita ingin kota yang memberi contoh menjawab permasalahan dunia," ujar Jokowi.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Konsep Transportasi di Ibu Kota Baru Disarankan Mengedepankan Aspek Manusia
Tak Hanya Infrastruktur, Jokowi Juga Ingin Bangun Peradaban di Ibu Kota Baru
5.052 Warga di Calon Ibu Kota Baru Ikut Program Pemutihan IMB
Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi 'The Best City on The Earth'
Panglima TNI Sebut Pemindahan Ibu Kota & Pilkada jadi Fokus Kerja 2020
Menengok Persiapan TNI Amankan Calon Ibu Kota Baru
Bangunan Liar Menjamur di Samboja