Libatkan 43 Seniman, Bandara Baru Yogyakarta Jadi Tercantik di Indonesia

Libatkan 43 Seniman, Bandara Baru Yogyakarta Jadi Tercantik di Indonesia
Bandara Yogyakarta. ©Instagram/@fandiryan
UANG | 10 Maret 2020 18:17 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Pemerintah akan meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) pada 29 Maret 2020. Secara langsung, seluruh penerbangan yang tadinya dilayani melalui Adisucipto akan beroperasi efektif di Bandara YIA.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, Bandara YIA melibatkan 43 seniman dalam pembangunan serta desain. Dengan demikian, bandara tersebut akan menjadi bandara tercantik di Indonesia.

"Tetap kita operasikan 29 Maret full operate, jadi sudah siap. Bandara jadi sudah cantik. Jadi ini salah satu bandara yang paling cantik lah. Karena selain modern juga menyajikan kearifan lokal. Jadi kita melibatkan 43 seniman yang kita minta mempercantik bandara," ujarnya di Plataran Menteng, Jakarta, Selasa (10/3).

Bandara tersebut nantinya nantinya akan melayani sebanyak 20 juta penumpang. Adapun runway bandara tersebut mencapai 3250 meter yang didesain mampu melayani pesawat berbadan besar.

"Di YAI kita kembangkan sampai 20 juta dengan pemindahan paling nggak 8,4 juta tambah dari internasional. Runwaynya 3250 meter ini kan pesawat terberat dan terbesar bisa mendarat disitu bisa untuk meningkatkan kegiatan turis," jelas Faik.

Bandara tersebut nantinya juga akan melayani penerbangan dari dan keluar negeri. Sementara itu, bandara Adisucipto diperuntukkan bagi pesawat jenis baling-baling.

"Pesawat berbadan besar dari Eropa, Jepang, China, Korea bisa langsung mendarat di YIA bisa mengangkut penumpang 400 dan mendorong peningkatan turism yang tidak bisa dilakukan Adisucipto," paparnya.

Baca Selanjutnya: Beroperasi Maret 2020...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami