LIPI Khawatir Dampak Virus Corona Buat Harga Makanan Mahal Jelang Lebaran 2020

LIPI Khawatir Dampak Virus Corona Buat Harga Makanan Mahal Jelang Lebaran 2020
UANG | 26 Februari 2020 14:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memprediksi bahwa penyebaran virus corona akan berdampak pada kenaikan harga makanan dan minuman, atau konsumsi jelang masa Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 2020.

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho memaparkan, lebih dari 495 jenis komoditas dengan tujuan ekspor China akan terimbas. Sementara sekitar 499 jenis barang impor dari China diperkirakan akan menyusut atau bahkan menghilang dari pasar Indonesia.

"Sebagian besar produk yang merupakan barang konsumsi strategis akan memiliki implikasi serius terhadap inflasi dalam negeri. Pemerintah perlu memantau kondisi pasar mengingat pada potensi pergerakan harga menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri," ujar Agus di Jakarta, Rabu (26/2).

Dia mengimbau pemerintah agar menyiapkan antisipatif guna menghindari terjadinya kenaikan harga konsumsi. Pertama, yakni mengelompokkan produk makanan atau minuman mana saja yang secara harga jual melonjak, serta mendeteksi barang mana yang ternyata konten impornya tinggi dari China.

"Baru setelah itu peta kelihatan, lihat gudang kita, cocok apa enggak. Baru mulai ngomong logistik, mulai dari gudang, transportasi sistemnya, sampai dengan deliver ke pasar swalayan sampai ke pasar tradisional," tuturnya.

1 dari 1 halaman

Cari Substitusi

rev1

Kemudian, pemerintah juga harus mencari substitusi impor dari negara lain yang selama ini produk-produknya berasal dari China. "Apakah dari Vietnam, Pakistan, Brazil, India, itu harus dipetakan," imbuhnya.

Dalam kondisi ini, Agus menekankan kepada pemerintah dan pihak pelaku usaha untuk mengkaji skema bisnis seperti apa yang dapat diterapkan dalam perjanjian dagang tersebut.

"Kalau B2B problem berarti G2G. Karena itu bayangan kami adalah peran dari government khususnya atase perdagangan dan kedutaan Indonesia enggak boleh duduk-duduk saja di sana. Ini yang saya kira penting," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Jokowi Ungkap Alasan Dahulukan Evakuasi ABK World Dream daripada WNI Diamond Princess
Pemerintah Bakal Beri Diskon Tiket Pesawat Sekitar Rp700.000 bagi Turis Asing
Jokowi Sebut Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Tidak Bisa Tergesa-gesa
Persiapan Operasi Karantina WNI Terinfeksi Corona dari Kapal World Dream
Video Menteri Iran Batuk dan Berkeringat Saat Konferensi Pers karena Corona
Tentara Amerika Terinfeksi Virus Corona di Korea Selatan
Beri Diskon Tiket Pesawat, Pemerintah Harap Jumlah Penumpang Naik 20 Persen

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami