LMAN Sudah Salurkan Rp13,4 T untuk Pembebasan Lahan PSN Tahun ini

LMAN Sudah Salurkan Rp13,4 T untuk Pembebasan Lahan PSN Tahun ini
Proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota rute Kelapa Gading-Pulo Gebang. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
EKONOMI | 30 Juli 2021 15:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menyalurkan pendanaan pembebasan lahan sejumlah Rp13,4 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) 2021. Realisasi dana ini terhitung sejak Januari hingga per 23 Juli 2021.

Direktur Utama LMAN, Basuki Purwadi, mengatakan sejak Januari hingga Juli 2021, LMAN telah membayarkan Rp 13,4 triliun, dengan serapan tertinggi untuk Jalan Tol sebesar Rp11,0 triliun dan Bendungan sebesar Rp1,7 triliun.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan terhadap percepatan perwujudan infrastruktur PSN dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Basuki dalam Bincang Bareng DJKN pada Jumat (30/7).

Jalan Tol Cisumdawu dan Trans Sumatera merupakan proyek dengan serapan tertinggi di sektor jalan tol. Sedangkan di proyek non tol, Bendungan Bener di Jawa Tengah dan Bendungan Karian di Banten menjadi serapan tertinggi pada 2021.

Sejak mandat pendanaan lahan diberikan kepada LMAN pada 2016, dana yang telah dibayarkan untuk pembebasan lahan pembangunan PSN telah mencapai Rp80,2 triliun. Serapan terbesar di sektor jalan tol senilai Rp 70,9 triliun.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami