Lokasi pembangunan Kilang Tuban masih dikaji

UANG | 8 November 2018 18:11 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lahan untuk pembangunan ‎proyek New Grass Rooot Refinery (NGRR) kilang Tuban belum ditentukan. Saat ini masih dilakukan kajian untuk mendapat lahan yang cocok.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, saat ini masih dilakukan kajian lahan untuk lokasi pembangunan Kilang Tuban, ada dua pilihan lokasi awal antara Situbondo dan Tuban, Jawa Timur.

"Yang saya ingat itu adalah kajian antara Tuban dan Situbondo yang di gras root Tuban," kata Arcandra, di Jakarta, Kamis (8/11).

Menurut Arcandra, sempat muncul rencana pemindahan lokasi pembangunan‎ kilang Tuban ke Situbondo, namun di lokasi tersebut berdekatan dengan area latihan militer. Selain itu juga berdekatan dengan Gunung Ijen, Kondisi ini menjadi pertimbangan untuk membangun kilang Tuban di Situbondo.

"Kan ada rencana pindah ke situbondo. lokasinya itu lagi dikaji, karena apa Situbondo itu tempat latihan militer. kedua minta kajian dari badan geologi kita apakah di sana kan dekat dengan ijen. ini masih bentuk kajian," tuturnya.

Arcandra melanjutkan, untuk lokasi pembangunan kilang di Tuban sedang ada permasalahan lahan. Saat ini sedang dilakukan kajian untuk mematangkan rencana pembangunan kilang di lokasi tersebut. "Ada masalah lahan, itu juga lagi dikaji," tandansya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Tarik investor, ESDM perbaiki data Blok Karaeng
Pertamina siapkan USD 3 miliar untuk eksplorasi sumber migas tahun depan
Sepanjang 2018, ESDM telah lelang 17 blok migas dan tak semua laku
Tiga pemenang lelang blok migas terminasi ditetapkan, negara kantongi USD 13,9 juta
ESDM resmi buka lelang blok migas tahap III, 4 Wilayah Kerja ditawarkan

(mdk/idr)