Lonjakan Arus Balik di Tol Trans Sumatera Diprediksi Terjadi Hari Ini

Lonjakan Arus Balik di Tol Trans Sumatera Diprediksi Terjadi Hari Ini
Kendaraan melintas di jalan tol trans Sumatera Bakauheni-Palembang Kilometer 77 di desa Sababalu, La. ©2021 Merdeka.com
EKONOMI | 16 Mei 2021 12:50 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - PT Hutama Karya (Persero) memperkirakan lonjakan arus balik lalu lintas kendaraan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera terjadi pada hari ini, Minggu (16/5). Sebab, kegiatan perkantoran akan mulai kembali normal pada Senin (17/5).

"Untuk arus balik, Hutama Karya memprediksi lonjakan lalu lintas akan terjadi pada Minggu (16/5) di mana kegiatan perkantoran akan kembali dimulai esok harinya," ujar EVP of Corporate Secretary Hutama Karya Tjahjo Purnomo dikutip Antara.

Dia juga menambahkan bahwa tercatat dari Rabu (12/5) hingga Jumat (14/05), sebanyak total 186.536 kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera. "Total kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Medan – Binjai, Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 & 4," katanya.

Tahun ini, tepat dua tahun sudah momen Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan di tengah pandemi COVID-19 dan adanya pelarangan mudik.Momentum mudik sebelumnya menjadi saat yang ditunggu-tunggu pada Lebaran, kini mudik justru dapat mengancam kesehatan orang yang dicinta di kampung halaman, alih-alih mengobati rasa rindu justru dapat
berpotensi menyebarkan virus yang mematikan.

Tak hanya bagi masyarakat khususnya di perantauan yang tidak dapat pulang kampung, Lebaran di tengah masa larangan mudik juga menjadi tantangan tersendiri bagi para petugas jalan tol khususnya di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Hutama Karya tetap siaga memberikan pelayanan optimal bagi seluruh pengguna jalan tol yang diperbolehkan melintas, meskipun kondisi lalu lintas jalan tol tidak seramai biasanya akibat peniadaan mudik.

Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan pada sistem tertutup, memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol. (mdk/did)

Baca juga:
894 Orang Masuk Jabodetabek Jalani Tes Antigen, Satu Reaktif Covid-19
Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Pengendara yang Kembali ke Jakarta
Polisi Tes Antigen Pemudik di Cirebon, 2 Orang Reaktif Covid-19
Rumah Warga di Jagakarsa Baru Pulang Mudik Ditempeli Stiker 'Isolasi Mandiri 14 Hari'
Dirlantas Polda Metro Jaya: Jalur Arah Jakarta Masih Lengang
KAI Layani 48.810 Penumpang Nonmudik Selama Masa Pelarangan Mudik 2021
Antisipasi Arus Balik, Polri Siapkan 109 Pos Penyekatan Menuju Jabodetabek

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami