LPEI Targetkan Penyaluran Pembiayaan Ekspor Rp111 Triliun di 2019

UANG | 10 Mei 2019 12:41 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank berupaya terus meningkatkan penyaluran pembiayaan ekspor. Tahun 2019, LPEI menargetkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp111 triliun.

Direktur Eksekutif LPEI, Shintya Roesly mengatakan, target ini hanya tumbuh sebesar 2 persen, padahal realisasi pembiayaan 2018 tumbuh 7,8 persen menjadi Rp109,15 triliun. Meski demikian, penetapan target ini masih wajar seiring dengan langkah konsolidasi juga internalisasi mandat yang tengah dilakukan LPEI.

"Kita memang by design, kita sekarang sedang internalisasi mandat dan konsolidasi internal, memang tahun ini target Rp111 triliun. Sesuatu yang manageble saat yang sama kota mengatur bisnis," kata Shintya di Jakarta, Jumat (10/5).

Ke depan, LPEI ingin memfasilitasi aktifitas rantai suplai (supply chain). Menurutnya, ini merupakan hal baru sehingga LPEI akan mengubah strategi dan budaya agar fasilitas tersebut bisa berjalan lancar.

"Karena simply dari berpikir duit berpikir outstanding, cari margin, sekarang bagaimana kita berpikir meng-create economic dan sosial impact bagi masyarakat, di-create dari ekspor," imbuhnya.

Dia mengaku optimis bahwa target tersebut dapat tercapai. Pertumbuhan pembiayaan, didukung oleh penyaluran pembiayaan baik kepada nasabah eksisting, nasabah baru, maupun kepada nasabah yang melakukan ekspansi bisnis.

"Mencapai target Rp111 triliun kita seperti biasa, pembiayaan, penjaminan, asuransi. LPEI berkontribusi sekitar 5 persen dari total ekspor nasional. Campur ada yang eksisting ada yang baru, ada ekspansi," tandasnya.

Baca juga:
LPEI Ajak Eksportir Curi Peluang dari Perang Dagang AS - China
Perluas Akses Pembiayaan Ekspor, Indonesia Eximbank Jajaki Kerja Sama dengan Fintech
Sri Mulyani Kunjungi Nasabah LPEI di Manokwari Dapat Jaminan Fasilitas Rp 150 M
Ini Cara LPEI Genjot Volume Perdagangan Indonesia-Afrika Selatan
LPEI Terima Penugasan Khusus Ekspor Rp 2,7 Triliun
LPEI beri fasilitas ekspor produk alutsista RI, termasuk kirim pesawat ke Senegal

(mdk/azz)