LPS ajak masyarakat ambil sisi positif merosotnya Rupiah

UANG | 23 September 2013 16:29 Reporter : Sri Wiyanti

Merdeka.com - Rupiah masih saja tak berdaya menghadapi dolar Amerika Serikat yang semakin perkasa. Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Senin 23 September 2013, nilai tukar kembali melemah di level Rp 11.435 per USD atau melemah dari penutupan hari Sabtu 20 September yakni Rp 11.352 per USD.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara mendorong masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi pelemahan nilai tukar Rupiah saat ini.

"Jangan terlalu khawatir kondisi rupiah saat ini. Itu justru kita dari level Rp 9.500 ke sekarang ini posisi equilibrium, kalau dipaksa ke Rp 9.500 kita akan tidak stabil," kata Mirza di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (23/9).

Menurutnya, kondisi Rupiah yang tak berdaya menghadapi USD, memaksa Indonesia untuk semakin berhati-hati dalam melakukan impor barang, terutama minyak dan gas (Migas).

Mirza melihat, saat Rupiah menyentuh level Rp 9.500 per USD, Indonesia lebih banyak melakukan impor dan menarik utang dalam denominasi dolar karena menganggapnya murah.

"Kalau Rupiah terus menguat itu justru tidak kompetitif sehingga banyak impor, utang banyak karena dianggap murah nanti bahaya lama-lama bubble. Kemarin pada saat rupiah di Rp 9.000 pada waktu itu memang ekonomi kita booming tapi Rupiah kita di level itu. Ini sudah over value itu yang membuat impor barang dan berhutang dolar terasa murah," jelas Mirza.

Oleh sebab itu, Mirza meminta masyarakat untuk melihat sisi positif dari melemahnya nilai tukar Rupiah yang justru memaksa Indonesia untuk segera menstabilkan defisit neraca perdagangan yang sudah terlampau besar.

"Supaya impor tidak merasa murah lagi ya mau tidak mau Rupiah diperlemah lagi agar fundamental ekonomi kuat. Nanti kalau kita sudah mampu mengatasi neraca pembayaran dan mengurangi utang dolar baru nanti Rupiahnya menguat pelan-pelan," tegas Mirza. (mdk/noe)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.