LPS Gelar Kompetisi Video Kreatif dengan Hadiah Rp100 Juta, Begini Cara Daftarnya

LPS Gelar Kompetisi Video Kreatif dengan Hadiah Rp100 Juta, Begini Cara Daftarnya
LPS. ©2018 Liputan6.com
EKONOMI | 11 Agustus 2022 21:49 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar kompetisi video kreatif terkait literasi keuangan. Kampanye seperti ini digelar karena masih tingginya selisih antara masyarakat paham literasi keuangan dengan yang sebaliknya.

"Melihat hasil survei yang dilakukan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) masyarakat yang masuk ke dalam sistem keuangan yang ada saat ini sudah 78 persen dan itu diharapkan pada 2025 bisa 95 persen. Namun 76 persen belum diimbangi literasi keuangan karena masih 38 persen (masyarakat paham literasi keuangan)," kata Corporate Secretary LPS, Dimas Yuliharto saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (11/8).

Berdasarkan selisih antara masyarakat yang telah masuk dalam sistem keuangan dengan masyarakat paham literasi keuangan, Dimas memandang perlu ada langkah agar masyarakat lebih paham atas sistem keuangan.

Selain itu, secara persentase masyarakat yang telah masuk dalam sistem keuangan merupakan generasi milenial dan generasi Z. Yang mana, pada generasi tersebut sebagian kehidupannya melibatkan teknologi.

Dengan pemanfaatan teknologi, kompetisi video kreatif literasi keuangan dinilai menjadi daya dongkrak untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bagaimana mengelola uang dan memahami segala risiko yang ada.

"55 persen lebih penduduk indonesia dikuasai milenial dan generasi Z, itu sama yang dikuasai oleh media sosial. Maka LPS mencoba meningkatkan literasi keuangan dengan cara yang berbeda, kita buat kompetisi video pendek tujuannya meningkatkan literasi keuangan," jelasnya.

Tema yang diangkat dalam kompetisi ini yaitu "Tingkatkan Literasi Keuangan untuk Mendukung Perekonomian Indonesia dalam Rangka Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19”.

LPS menyiapkan hadiah bagi juara pertama sebesar Rp45 juta, Kemudian juara kedua Rp30 juta, juara ketiga Rp15 juta. Serta video favorit untuk 2 orang masing-masing Rp10 juta.

Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri sekaligus video literasi keuangan, melalui situs lpscreavid2022.kompas.tv. Pengajuan video dibuka sejak 8-28 Agustus 2022.

2 dari 2 halaman

Syarat Ikut Kompetisi

Berikut syarat kompetisi video kreatif literasi keuangan yang digelar LPS:

1. Peserta merupakan warga negara Indonesia

2. Pendaftaran Lomba GRATIS.

3. Lomba terbuka untuk Umum, baik secara perorangan maupun kelompok (dengan satu email per submission video).

4. Peserta wajib mengikuti akun resmi Instagram @lps_idic & @kompastv dan subscribe YouTube channel LPS_IDIC Official & Kompas TV.

5. Peserta diharuskan membuat karya video pendek sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

6. Narasi video dapat berupa himbauan, ajakan, testimoni, tutorial kepada masyarakat terkait tema.

7. Karya video pendek dengan format .mp4 atau .mov, resolusi minimal 1280x720 pixel dan berdurasi maksimal 3 menit.

8. Karya video tidak mengandung SARA dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku.

9. Karya video diupload di channel YouTube peserta dan yang akan disubmit via microsite lpscreavid2022.kompas.tv adalah link YouTube dari video tersebut beserta judul dan deskripsi video.

10. Peserta hanya bisa mensubmit 1 (satu) hasil karya video.

11. Karya video yang disubmit merupakan karya asli pribadi/kelompok dan peserta wajib bertanggung jawab penuh terhadap karya tersebut.

12. Musik/suara latar karya video tidak melanggar ketentuan terkait Hak Cipta.

13. Karya video yang disubmit akan menjadi milik penyelenggara dan dapat secara bebas digunakan dalam rangka kebutuhan penyelenggara, dengan tetap memberikan Hak Ciptanya kepada peserta.

14. Pihak penyelenggara dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan hukum atas karya video yang dikirimkan, termasuk namun tidak terbatas pada kepemilikan atau hak cipta.

15. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi karya video peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.

16. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan atas karya video yang dikirim.

17. Pemenang hasil lomba merupakan keputusan mutlak dewan juri atau penyelenggara dan tidak dapat diganggu gugat. (mdk/idr)

Baca juga:
Tips Aman untuk Milenial Mulai Investasi, Tak Semudah Seperti di Media Sosial
LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Bank Umum 3,5 Persen
Cakupan Jaminan Simpanan LPS Capai 447,1 Juta Nasabah di 107 Bank dan 1.632 BPR
LPS Soroti Literasi Masyarakat Tangkal Ancaman Siber di Era Digital
LPS Turunkan Suku Bunga 2021 ke Titik Terendah Sepanjang Sejarah, ini Alasannya
LPS Ramal Penyaluran Kredit dan DPK Perbankan Bakal Naik di 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini