LPS Harap Riset Akademisi Bantu Regulator Kembangkan Kebijakan Penjaminan

LPS Harap Riset Akademisi Bantu Regulator Kembangkan Kebijakan Penjaminan
UANG | 20 September 2020 19:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar LPS Research Fair 2020 sebagai bagian akhir dari rangkaian program LPS Call for Research 2019/2020 dengan tema Memperkuat Sinergi antara LPS dan Akademisi: Pengembangan Kebijakan Berbasis Riset (Research-Based Policy).

Rangkaian program ini diselenggarakan sebagai bagian dari program penguatan fungsi riset LPS sebagai basis dalam mengembangkan kebijakan terkait dengan program penjaminan dan resolusi bank.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah menyampaikan bahwa program LPS Call for Research 2020 merupakan komitmen LPS dalam mengedepankan kolaborasi dan sinergi antara regulator dan masyarakat, khususnya di bidang akademik, dimana nantinya kebijakan para pengambil keputusan dapat didasarkan pada riset.

"Hasil riset ini dapat didorong lebih jauh untuk didiseminasikan ke berbagai jurnal nasional dan internasional serta dapat pula menjadi rujukan bagi regulator dalam melakukan penyusunan maupun evaluasi kebijakan publik. Semoga LPS Research Fair ini dapat lebih memotivasi dan mendorong penelitian-penelitian berikutnya, khususnya di bidang penjaminan simpanan, resolusi bank, dan stabilitas sistem keuangan," kata Halim di Jakarta, Minggu (20/9).

Kepala Eksekutif LPS, Lana Soelistianingsih menambahkan LPS Research Fair 2020 memiliki tujuan sebagai forum diseminasi, diskusi, dan berbagi antara akademisi, regulator, ekonom, dan praktisi dunia perbankan.

Acara biennial yang dilakukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) setiap dua tahun sekali ini merupakan bentuk dukungan LPS terhadap pengembangan pengetahuan melalui riset di bidang perbankan dan ekonomi keuangan pada umumnya, dan di bidang penjaminan simpanan dan resolusi bank pada khususnya.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para peserta yang telah mengirimkan proposal dan papernya kepada kami dalam proses seleksi yang dilakukan oleh Group Riset LPS bersama jajaran tim reviewer independen. Serta selamat kepada para pemenang Call for Proposals dan Call for Papers dalam rangkaian kegiatan LPS Call for Research 2019/2020," tutup Lana. (mdk/azz)

Baca juga:
Menteri Sri Mulyani Pastikan RI Miliki Skema Antisipasi Bank Gagal Imbas Corona
Dorong Pemulihan Ekonomi, OJK dan LPS Perbarui Kerjasama
Penanganan Virus Corona Dinilai Lebih Penting dari Pembentukan Dewan Moneter
Ekonom Nilai Revisi UU LPS Jauh Lebih Penting Ketimbang Revisi UU BI
LPS Tahan Suku Bunga Penjaminan Rupiah di Bank Umum 5,25 Persen
LPS Minta Perbankan Waspada Peningkatan Kredit Macet

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami