LPS Jamin Dana Simpanan Masyarakat Tetap Aman di Bank

LPS Jamin Dana Simpanan Masyarakat Tetap Aman di Bank
UANG | 23 Juni 2020 12:32 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Didik Madiyono menyatakan, perekonomian nasional tengah menghadapi tantangan berat akibat pandemi Covid-19. Namun, pihaknya menjamin dana atau simpanan masyarakat di perbankan tetap aman.

"Krisis akibat Covid-19 ini belum pernah terjadi, sehingga ekonomi kita tengah sulit. Tapi, kami jamin bahwa simpanan masyarakat di bank tetap dijamin LPS sampai jumlah nominal Rp 2 miliar," kata dia melalui video conference via Zoom, Selasa (23/6).

Apalagi, saat ini LPS sudah menjamin dana simpanan masyarakat sampai 99,9 persen dari seluruh total rekening yang tersedia. Dari sisi nilai, LPS juga menjamin hingga 54 persen dari total nilai simpanan masyarakat yang hampir menyentuh Rp6.000 triliun.

"Apalagi, kondisi fundamental perbankan kita secara umum masih sehat. Meski ada tendensi, tapi kita masih katakan sehat," imbuh dia.

Optimisme juga dipicu langkah pemerintah, setelah aktif memberikan berbagai stimulus untuk menjaga kelangsungan usaha dan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. "Misalnya, sentimen positif di sektor kesehatan, sosial, ekonomi dan pemulihan ekonomi pasca pandemi," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat pemerintah juga berencana memberlakukan skema new normal sebagai bagian dari upaya perbaikan ekonomi nasional. Sehingga dipastikan aktivitas ekonomi nasional akan berangsur pulih dari kondisi saat ini.

"Ini memang tujuan dari dibentuknya LPS. Yakni untuk memberikan jaminan simpanan lebih khusus lagi kepada masyarakat," ujarnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Apex Jadi Andalan Perkuat BPR Saat Pandemi Corona
Selama Pandemi Covid-19, LPS 3 Kali Turunkan Bunga Pinjaman
Beri Ruang Khusus, LPS Tetap Jamin Uang Nasabah di Perbankan Syariah
LPS: Masyarakat Tetap Percaya Simpan Uang di Bank Saat Pandemi Corona
Bos OJK: Risiko Bank Jangkar yang Salurkan Likuiditas Dijamin oleh LPS
LPS Longgarkan Pembayaran Premi Penjaminan Bagi Perbankan Selama 6 Bulan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami