LPS jual eks Bank Century Rp 4,4 triliun

UANG | 6 November 2014 17:16 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - J-Trust Co Ltd disebut telah membeli Bank Mutiara dengan nilai Rp 4,4 triliun. Saat ini, perusahaan asal Jepang tersebut masih harus melakukan uji kelayakan dan kepatutan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Harga saya tidak mengiyakan dan membantah. Pokoknya sekitar itu (Rp 4,4 triliun)," ujar Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan Kartika Wirjoatmodjo saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (6/11).

Jika demikian, artinya Bank Mutiara dijual dengan harga sangat miring. Sebab, LPS telah dua kali menyuntik dana talangan untuk eks Bank Century itu dengan nilai total Rp 8 triliun.

Suntikan terakhir diberikan Desember lalu sebesar Rp 1,249 triliun. Ini menyusul suntikan pertama senilai Rp 6,72 triliun.

Seharusnya, OJK sudah mengeluarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan awal November. Namun, hingga akhir Oktober, J-Trust belum melengkapi dokumen yang diminta OJK.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, J-Trust akan melengkapi dokumen tersebut pada minggu awal November. Jika dokumen sudah lengkap, dia memastikan uji kelayakan dan kepatutan bakal berlangsung cepat, hanya seminggu.

OJK bakal mengumumkan hasilnya paling lambat 21 November 2014.

(mdk/yud)