Luhut Bantah Pemerintah Lamban Tangani Wabah Corona

Luhut Bantah Pemerintah Lamban Tangani Wabah Corona
UANG | 26 Maret 2020 13:26 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan membantah jika pemerintah yang dinilai lamban dalam penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Baginya unsur kehati-hatian justru diperlukan oleh pemerintah dalam menangani wabah virus ini.

"Menurut saya sih enggak, karena semua dilaksanakan secara gratual dan cermat," tegas Luhut melalui akun instagram Kemenkomarves, ditulis Kamis (26/3).

Dia menjelaskan, pemerintah berulang kali mengadakan rapat untuk membahas kesiapan tim Kementerian Kesehatan terkait penanganan covid-19. Menurutnya, dengan menekankan unsur kehati-hatian, justru mempermudah kinerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam meningkatkan koordinasi bersama pemerintah daerah. Untuk menekan penyebaran virus Covid-19 sesuai dengan aturan undang-Undang yang berlaku.

Bahkan, pemerintah Indonesia dinilai berhasil membuat terobosan dengan membentuk tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang berfungsi menajamkan kemampuan koordinasi pemerintah dalam memerangi wabah virus corona di Indonesia.

"Itu sudah langkah yang tepat sekali," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Penanganan Virus Corona

Sebelumnya, Luhut meminta masyarakat untuk menjaga kekompakan dan ikut bergotong royong membangun solidaritas. Dia meminta untuk tidak memperkeruh suasana dengan berkomentar bernada negatif.

Dia meyakinkan dalam hal ini pemerintah melibatkan intelijen negara untuk memberikan masukan sebelum Presiden Joko Widodo mengambil keputusan.

"Intelijen kami dalam segala macam hal ini cukup baik," kata Luhut dalam konferensi pers pada live Instagram lewat akun @kemenkomarvest, Rabu (18/3).

Luhut menuturkan pemerintah mendengarkan berbagai masukan dari pasar keuangan dan para pakar yang ahli di bidangnya. Sehingga kebijakan yang dikeluarkan pemerintah adalah pilihan terbaik.

Dia mengakui memang keputusan yang dibuat belum sempurna. Sebab di sektor perekonomian bergerak dinamis. "Ekonomi itu berubah, berkembang dan situasi terus berkembang begitu cepat sama seperti coronavirus ini," ungkap Luhut. (mdk/azz)

Baca juga:
Luhut Sebut Amerika Minta Bantuan Indonesia Produksi Klorokuin Atasi Covid-19
Pemerintah Pakai Gojek dan Grab Salurkan Bantuan Sembako
Luhut Yakin Indonesia Menang Hadapi Bencana Virus Corona
Harga Luar Negeri Lebih Murah, Menko Luhut Beri Sinyal Akan Impor Gas
Menko Luhut Minta Bantuan Kerajaan Belanda Hadapi Gugatan di WTO soal Kelapa Sawit
Menko Luhut Sebut Tak Perlu Lockdown Asal Masyarakat Disiplin

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami