Mahata Pastikan Wifi di Pesawat Tak Akan Ganggu Sinyal Penerbangan

UANG | 21 Maret 2019 13:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Citilink Indonesia bekerjasama dengan PT Mahata Aero Teknologi untuk memasang wifi baru di 8 pesawat tahun ini, setelah penyambungan wifi gratis di penerbangan rute Jakarta-Denpasar. Nantinya, Citilink akan memiliki 9 pesawat dengan fitur wifi gratis.

Presiden Direktur Mahata, Muhammad Fitriansyah mengatakan, wifi di pesawat Citilink berfungsi dengan baik dan kegagalan transmit hanya di bawah 5 persen saja, sehingga mendapatkan respon positif saat uji coba bulan-bulan pertama dan memiliki tingkat realibilitas sebesar 95,1 persen.

"Dari data kami sudah 85 persen penumpang pesawat Citilink menggunakan wifi gratis. Responnya juga positif. Dalam beberapa bulan ini kita akan evaluasi baby sickness dari pemasangan wifi ini supaya tingkat reliabilitasnya semakin naik," ujar Fitriansyah di Jakarta, Kamis (21/3).

Untuk masalah keamanan, Fitriansyah ungkapkan tidak perlu khawatir jaringan wifi akan mengganggu sinyal pesawat. Seluruh proses instalasi wifi telah dipastikan oleh regulator di Indonesia, dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Perhubungan.

"Regulator sudah pastikan instalasi aman. Karena untuk pasang equipment kan harus ada verifikasinya, pasang kabel harus ada verifikasinya, dan sebelum pasang harus ada STCnya dan itu juga tidak general, misalnya mau pasang di A320 harus punya STC A320, jadi keamanan sudah pasti dan tidak akan mengganggu jalannya pesawat," tambahnya.

Meski begitu, penumpang diimbau untuk tetap menyalakan mode pesawat. Instruksinya ada di dalam pamflet yang disediakan di pesawat.

Mengenai keuntungan, dia menyebut Mahata masih belum menghitung pendapatan dan laba setelah penggelontoran dana USD 40 juta untuk instalasi wifi gratis di pesawat Citilink. Hingga saat ini, pihaknya masih fokus menyempurnakan sistem agar tingkat reliabilitas koneksi wifi di dalam pesawat terus meningkat.

"Kami sebenarnya sudah bisa (ambil laba), tapi untuk saat ini kami fokus develop sistem dulu. Nanti kalau sudah bagus, baru layanan e-commerce, games, video ditambatkan. Targetnya Juni tahun ini," jelasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Tahun Ini, 9 Pesawat Citilink Bakal Dilengkapi Wifi Gratis
Pastikan Keselamatan, Boeing Segera Luncurkan Perangkat Lunak Terbaru Seri Max 8
4 Pesawat Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah, Termasuk Boeing 737 Max 8
Pembaruan Perangkat Jadi Alasan Boeing Larang Terbang Pesawat 737 Max 8
Boeing Rampungkan Pembaruan Perangkat Lunak 737 Max Setelah Alami Kecelakaan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.