Mandiri Sekuritas sebut Sri Mulyani gairahkan investasi swasta

Mandiri Sekuritas sebut Sri Mulyani gairahkan investasi swasta
Menkeu Sri Mulyani di Bea Cukai. ©2016 Merdeka.com
UANG | 2 Oktober 2016 11:00 Reporter : Hana Adi Perdana

Merdeka.com - Ekonom PT Mandiri Sekuritas, Leo Putra Rinaldy menilai, kehadiran Menteri Keuangan Sri Mulyani menggairahkan investasi swasta. Sebab, menurut Leo, Menteri Sri Mulyani membuat anggaran pemerintah lebih realistis dan minim risiko.

"Sri Mulyani langsung menyatakan misalnya tax revenue growth yang target APBN tumbuhnya 24 persen itu beliau melihatnya sulit dicapai. Bu Sri Mulyani mengatakan kemungkinan ada tax revenue shortfall Rp 219 triliun, berarti tax revenue growth tahun ini hanya 6 persen," ujarnya dalam acara Media Gathering di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/10).

Pertumbuhan pajak tersebut dinilai lebih realistis dibanding sebelumnya. Hal ini berdampak pada pemotongan anggaran agar menjaga defisit sebesar 2,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Namun, pemerintah memastikan pemotongan anggaran tidak mempengaruhi sektor infrastruktur. Ini membuat pengusaha mendapat sinyal positif untuk melakukan investasinya di Tanah Air.

"Selama ini kalau kita lihat, salah satu risiko kenapa investasi swasta tidak meningkat adalah karena risiko fiskal begitu tinggi, terutama penerimaan pemerintah yang dianggap tidak realistis. Sekarang Bu Sri Mulyani membuat anggaran lebih realistis," tuturnya.

Investasi swasta atau private-led growth, menurutnya, akan menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia ke depan. (mdk/bim)

Baca juga:

Presiden Jokowi: APBN harus digunakan untuk mengentaskan kemiskinan

Status belum jelas, Terminal Tirtonadi tetap dapat dana Pemkot Solo

Jokowi wajibkan pejabat negara transparan gunakan uang milik rakyat

Menkeu: Ada berita baik, penyerapan anggaran bisa 97,1 persen

Antisipasi lonjakan defisit anggaran, pemerintah siap tarik utang

Rapat bersama Banggar, dua menko minta tambahan anggaran tahun depan

Komisi XI DPR sodorkan angka lebih rendah pertumbuhan ekonomi 2017

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami