Mandiri Sekuritas yakin Tax Amnesty tahap kedua & ketiga sukses

Mandiri Sekuritas yakin Tax Amnesty tahap kedua & ketiga sukses
Sosialisasi amnesti pajak di BEI. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
UANG | 4 Oktober 2016 14:25 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Program pengampunan pajak atau Tax Amnesty tahap pertama dengan tarif dua persen telah berakhir 30 September dengan total uang tebusan Rp 96,7 triliun. Sedangkan, tahap kedua dan ketiga, tarif tebusan naik menjadi tiga persen dan lima persen.

Presiden Direktur PT Mandiri Sekuritas, Silvano Rumantir memperkirakan program amnesti pajak tahap kedua dan ketiga akan sukses, mengikuti tahap pertama. Untuk itu, Mandiri Sekuritas telah menyiapkan instrumen-instrumen pasar modal guna menyambut program Tax Amnesty.

"Karena dengan instrumen yang ada sudah cukup untuk menampung dana repatriasi tersebut. Jadi harapannya tahap kedua dan tahap ketiga, kita tetap optimis," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/10).

Menurutnya, uang tebusan yang masuk naik secara siginifikan di akhir periode. Hal ini, katanya, juga akan terjadi di periode kedua dan ketiga.

"Kalau kita lihat trennya kemarin (tahap pertama) yang tebusannya dua minggu terakhir saja yang masuk signifikan. Jadi, kalau kita pakai tren itu sebagai indikator, ya mungkin di akhir tahap kedua dan tahap ketiga, kita akan melihat tren yang sama. Tapi kita masih jalan masih panjang. Jadi kita tetap optimis," katanya.

Akan tetapi, anak usaha Bank Mandiri ini tak bisa memonitor langsung dana repatriasi yang masuk ke Mandiri Sekuritas. Sebab, sistem yang digunakan berbeda dengan Bank Mandiri.

"Itu yang tidak bisa Kita monitor. Sistem kita beda ya kita bukan bank. Secara regulasi kita tidak punya akses ke deposito nasabah. Cuma kita selalu berkoordinasi dengan Bank Mandiri tentang produk-produk untuk di pasar modal yang bisa bantu Tax Amnesty," pungkasnya. (mdk/sau)


Desmond sebut Ahok juga tuding perusahaan Jokowi pengemplang pajak
Anang Hermansyah: Pemerintah Jokowi harus tegas pungut pajak Google
Ditjen Pajak apresiasi Hercules yang ikut program tax amnesty
Ada Tax Amnesty, penerimaan pajak capai Rp 767,2 T per September
Tax Amnesty periode I, 32 pengusaha bayar tebusan di atas Rp 100 M
Berkah Tax Amnesty, DJP dapat 26.746 WP baru
Pengusaha ungkap ada WP besar menyamar jadi UMKM demi Tax Amnesty

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami