Manfaatkan Teknologi eFishery, Pembudidaya Ikan Raup Omzet Rp1 Miliar Sekali Panen

Manfaatkan Teknologi eFishery, Pembudidaya Ikan Raup Omzet Rp1 Miliar Sekali Panen
Budidaya ikan. ©2017 Merdeka.com
UANG | 8 Maret 2021 14:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemanfaatan teknologi berbasis Internet of Things (IoT) semakin mempermudah bisnis dalam berbagai sektor, termasuk di bidang akuakultur yang dapat mendorong peningkatan kualitas pada hasil produksi budi daya ikan dan udang.

Salah satu perusahaan rintisan (startup) yang ikut berperan dalam terciptanya kesuksesan para pelaku usaha akuakultur, yaitu agriculture technology (agritech) eFishery.

"Melalui teknologi eFishery, pembudidaya ikan maupun udang dapat mengintegrasikan sistem pemberian pakan, mulai dari jadwal pemberian pakan, jumlah pakan yang ditebar, hingga pemantauan pertumbuhan hewan di tambak, semua dikelola akurat secara online," kata seorang pelaku usaha akuakultur, Yeni Rahayu (40) dikutip dari Antara, Senin (8/3).

eFishery dikenal atas inovasi yang diciptakan berupa alat pemberi pakan untuk ikan maupun udang dengan berbasis internet.

Menurut Yeni, melalui alat eFishery dapat mengatur jadwal pemberian pakan secara lebih mudah melalui dosis pakan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk proses pemantauan pemberian pakan, dapat dikendalikan melalui aplikasi yang telah terinstal pada ponsel pintar.

Penggunaan feeder ini mampu menurunkan angka FCR (feed conversion rate) dan meningkatkan ADG (average daily growth) sehingga siklus panen menjadi lebih singkat.

Selain feeder, eFishery juga memiliki produk Disease Prevention System yang mampu meningkatkan ketahanan udang budi daya terhadap penyakit tersebut sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan panen.

Yeni Rahayu, sebelumnya adalah seorang wanita karir, namun sejak tahun 2017 banting setir menjadi pelaku budi daya udang vaname. Saat ini, Yeni mengaku mampu meraup omzet hingga Rp1 miliar dalam satu kali panen, terutama dengan bantuan teknologi dari eFishery.

Baca Selanjutnya: Efisiensi Waktu...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami