Ma'ruf Amin Ingin Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Ma'ruf Amin Ingin Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi
UANG | 23 Februari 2020 16:46 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ingin Indonesia bisa menjadi negara berpenghasilan tinggi. Dia ingin Indonesia ke depan lebih sejahtera dan tidak hanya pada posisi negara berpenghasilan menengah.

"Visi Indonesia ke depan Indonesia maju, yaitu Indonesia yang sejahtera, Indonesia tidak hanya pada posisi middle income country tapi high income country," kata Ma'ruf di acara Riding Kebangsaan, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (23/2).

Untuk mencapai hal itu, pemerintah telah menetapkan lima program prioritas menuju Indonesia maju, yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi.

"Kemajuan suatu bangsa tidak pernah dilepaskan dari pembangunan manusia yang unggul sebagai kuncinya. SDM Indonesia harus sehat cerdas berdaya saing dan berakhlak mulia," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Dia melanjutkan, untuk membangun Indonesia maju juga perlu komitmen kebangsaan yang kuat. Dia bilang, sejarah perjalanan bangsa dan negara jadi bukti bahwa Pancasila, NKRI merupakan hasil dari kesepakatan guna mencapai tujuan berbangsa dan bernegara.

"Indonesia adalah negara kesepakatan. Kesepakatan itu potensi kekuatan bangsa yang luar biasa, Bhinneka Tunggal Ika merupakan komitmen kebangsaan yang tidak semua bangsa di dunia memilikinya," terang Wapres.

Menurutnya, konsekuensi dari kesepakatan adalah harus dijalankan dijaga dilindungi dari berbagai ancaman. Tidak boleh ada yang menyimpang dan menolak, bahkan keluar dari kesepakatan itu.

"Yang harus dibangun dari entitas bangsa ini adalah teologi kerukunan, keinginan untuk selalu rukun dan kemampuan untuk merukunkan," pungkasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Sri Mulyani Takjub dengan Kebijakan Ekonomi Saudi Arabia
Upaya Pemerintah Tangkal Dampak Virus Corona di Indonesia
Walhi: Sadar Lingkungan, China Pindahkan Industri Kotor ke Indonesia
Bank Indonesia Turunkan Target Pertumbuhan Ekonomi 2020 jadi 5,1 Persen
Virus Corona Gagalkan Pemulihan Perekonomian Global Pasca Perang Dagang Amerika-China
Antisipasi Perlambatan Ekonomi, Mendagri Minta Dana Desa Segera Dibelanjakan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami