Masa Pengisian Sensus Penduduk Diperpanjang, Ada 32,4 Juta Partisipan per Hari ini

Masa Pengisian Sensus Penduduk Diperpanjang, Ada 32,4 Juta Partisipan per Hari ini
UANG | 31 Maret 2020 11:36 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang waktu pengisian Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online hingga 29 Mei. Seperti diketahui, tenggat waktu pengisian sensus penduduk akan berakhir Selasa ini.

"Kemungkinan besar akan ada perpanjangan waktu, besok akan disampaikan secara resmi oleh Kepala BPS setelah rilis inflasi," ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono, di Jakarta, Selasa (31/3).

Kendati begitu, Margo belum bisa memastikan sampai kapan perpanjangan ini dilakukan. Mengingat saat ini pihaknya masih mendiskusikan secara internal di lingkungan BPS.

"Perpanjangan waktu masih mau dirapatin hari ini. Pengumuman besok ya," kata dia

Berdasarkan catatan BPS, hingga per hari ini, masyarakat yang sudah merespon melakukan sensus penduduk secara online sudah mencapai 32,4 juta orang.Dia mengharapkan, dengan dilakukan perpanjangan maka lebih banyak lagi masyarakat yang merespon.

1 dari 1 halaman

Canangkan Sensus Penduduk 2020, Jokowi Sebut Data Lebih Berharga dari Minyak

penduduk 2020 jokowi sebut data lebih berharga dari minyak rev1

Presiden Joko Widodo mencanangkan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Saat memberikan sambutan, Jokowi mengatakan sensus penduduk perlu menggunakan metode baru guna menghasilkan data akurat yang akan menjadi basis data kebijakan efektif untuk pembangunan.

"Data yang akurat sangat penting untuk kebijakan yang tepat. Jangan sampai eksekusi program atau kebijakan tidak berpegang data akurat," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1).

Jokowi menyebut, saat ini data merupakan komoditas penting pembangunan. Dia lalu menganalogikan data dengan komoditas strategis dunia yang paling dibutuhkan berbagai negara, yakni minyak.

"Saya sering menelepon langsung kepala BPS untuk menanyakan langsung soal data. Data adalah 'the new oil', bahkan lebih berharga dari minyak," katanya.

Jokowi mencatat jumlah penduduk di Indonesia saat ini mencapai 267 juta jiwa. Jumlah ini akan meningkat menjadi 319 juta jiwa pada 2045. Dengan penduduk sebanyak itu, data demografi dan persebaran menjadi penting untuk menentukan kebijakan pembangunan yang tepat.

Menurut eks Gubernur DKI Jakarta ini, ada dua metode baru yang bisa digunakan dalam sensus penduduk. Pertama, penggunaan data dasar Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil. Kedua, metode pendataan mandiri secara daring pada Februari hingga 30 Maret 2020.

(mdk/bim)

Baca juga:
Bupati Anas Minta Camat dan ASN Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020
3 Cara Menghindari Modus Penipuan Sensus Online
BPS Sensus Penduduk 2020 Lewat Sistem Online
Baru 2 Hari, Sensus Penduduk Online Sudah Diakses 568 Ribu
April 2020, BPS Buka Lowongan 390.000 Petugas Sensus Penduduk
BPS Targetkan 23 Persen Penduduk Indonesia Ikut Sensus Penduduk Online
Ini Cara Pengisian Sensus Penduduk Lewat Online

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5