Masuk akal, begini hitungan pengusaha soal rumah DP Rp 0

UANG | 20 April 2017 15:44 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Pengusaha sekaligus bos Lippo Group, John Riady mendukung penuh program gubernur DKI terpilih Anies-Sandi soal rumah dengan Down Payment (DP) Rp 0. Menurutnya, rencana ini masih masuk akal dengan harga rumah Rp 350 juta per unit.

John menjelaskan, jika pemerintah daerah menyediakan lahan, maka pengembang bisa memimalisir biaya pembangunan. Dia bahkan menjelaskan hitung-hitungan pembangunan rumah.

"Kalau harga Rp 350 juta itu kita bisa lihat rumah atau apartemen di Singapura dan Hong Kong yang ukurannya 40 meter persegi," katanya saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (20/4).

Dalam hitungannya, jika biaya pembangunan satu meter rumah sekitar Rp 3 juta maka harga bangunannya saja hanya Rp 120 juta. Namun, jika biaya pembangunan Rp 4 juta per meter, maka harga bangunan juga baru Rp 160 juta.

"Tanah pemerintahan banyak. Kalau bangun rumah itu cost nya ada 2, harga tanah dan harga bangunan. kalau harga tanah dari pemerintah gratis. Harga bangunan pun kalau biaya bangun Rp 4 juta baru Rp 160.000, di jual Rp 300 juta-pun double," jelasnya.

Namun demikian, dia mengakui belum ada pembicaraan antara Lippo dan Pemda DKI terkait rencana pembangunan. Tapi, Lippo sendiri tertarik dengan program Anies-Sandi tersebut.

"Tertarik, kalau ada program bisa meningkatkan daya beli masyarakat itu baik sekali dan kita akan mendukung."

Saat ditanya ide rumah yang akan dibangun model landed atau vertikal, John belum mau bicara banyak. "Saya enggak tahu, mungkin ada ide yang belum terpikir. Ada baiknya dibangun ke atas. (mdk/sau)

Baca juga:
Ahok ucapkan selamat untuk Anies-Sandi
Hashtag kandidat Pilkada DKI berlomba-lomba jadi trending topik
Kubu Ahok soal pembagian sembako: Ini seperti maling teriak maling
Sandi soal tamasya Al Maidah: Kita yakin mereka membangun persatuan
Sandiaga Uno: Kita gak kaya 'toko sebelah' bagi-bagi sembako
Kubu Ahok-Djarot bantah bagi-bagi sembako
Beri dana kampanye Rp 16 M, Sandi sebut uang halal keringat sendiri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.