Masuk Musim Hujan, PLN Antisipasi Banjir di Jakarta

Masuk Musim Hujan, PLN Antisipasi Banjir di Jakarta
UANG | 7 November 2019 19:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN Distribusi Jakarta (Disjaya) memitigasi risiko keamanan kelistrikan guna mengantisipasi musim hujan yang mulai mengguyur DKI Jakarta.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad mengatakan, ‎PLN sudah melakukan antisipasi musim hujan di Jakarta dengan melakukan pemeliharaan terhadap 189 gardu distribusi yang memasok rumah pompa di tempat-tempat penting. Gardu tersebut sudah tinggikan sehingga jika wilayah sekitar gardu tersebut banjir, gardu tidak ikut terendam.

"Data historis ada 17 Kecamatan 25 kelurahan dan 86 RW rawan banjir. Pasti di sini ada gardu PLN, kabel listrik PLN dan pelanggan PLN," kata Ikhsan di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Kamis (7/11).

Antisipasi berikutnya juga meninggikan sebanyak 62 gardu distribusi di daerah rawan banjir, serta melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel tegangan rendah untuk segera dilakukan perbaikan, terutama di lokasi yang sering digunakan untuk berteduh pada saat hujan.

"Gardu ditinggikan 1,5 meter - 2 meter minimal gardu aman kalau mati bisa satu kampung kesetrum semua. Meninggikan instalasi sebanyak 62 gardu distribusi," tuturnya.

Selain itu, PLN juga melengkapi rumah pompa yang telah dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO). Jika pasokan utama ke rumah pompa mengalami gangguan, maka pasokan listriknya akan otomatis berpindah ke pasokan cadangan sehingga rumah pompa akan tetap bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

"Selain itu PLN juga menyiapkan tim Detasemen Layanan Khusus 123 (Denyansus 123), posko siaga, ruang Disaster Recover Center, serta koordinasi dengan instansi terkait," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Jangan Berteduh di Instalasi Listrik Saat Hujan

di instalasi listrik saat hujan rev2

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN mengimbau masyarakat agar lebih selektif memilih tempat berteduh saat hujan. Ini perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan berupa sengatan listrik.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad mengatakan, masyarakat yang berteduh dari hujan harus menghindari instalasi kelistrikan. Ini untuk menghindari sengatan listrik, sebab aliran air menjadi media penghantar arus listrik.

"Jangan berteduh dekat dengan instalasi kelistrikan, seperti tiang, gardu, Penerangan Jalan Umum," kata Ikhsan di Kantor PLN Disjaya, Kamis (7/11).

Ikhsan kembali mengingatkan masyarakat yang ingin menggunakan peralatan listrik, harus memastikan kondisi tangan dalam keadaan kering, hal ini juga untuk menghindari sengatan listrik dari peralatan yang digunakan.

"Dalam kondisi basah jangan menyentuh peralatan listrik, atau menggunakan sarung tangan karet," tuturnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Hati-Hati, Jangan Berteduh Dekat Instalasi Listrik Saat Hujan
Hasil Investigasi dan Rekomendasi Ombudsman Atas Kasus Mati Lampu Sebagian Jawa
Pemerintah Diminta Beri Harga Khusus Batubara Agar Tarif Listrik Turun
Moeldoko Bakal Kawal Pengembangan Kendaraan Listrik di Tanah Air
PLN Gunakan Mobil Hingga Motor Listrik Sebagai Kendaraan Operasional

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami