Masyarakat Makin Ramai Pinjam Uang Lewat Fintech Jelang Lebaran

UANG | 16 Mei 2019 15:35 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Kuseryansyah menyebut bahwa permintaan pinjaman melalui layanan fintech Peer-to-Peer (P2P) lending pada saat Ramadan ini terus meningkat. Rata-rata permintaan tersebut untuk pembiayaan yang sifatnya konsumtif.

"Ketika masuk Ramadan, peningkatan lebih tinggi karena selain pembiayaan konsumtif, juga ada pembiayaan produktif (yang juga) meningkat," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (16/5).

Kendati demikian, pihaknya belum bisa merincikan berapa besaran pertumbuhan tersebut. Hanya saja apabila dilihat dari tahun lalu, pertumbuhan permintaan penyaluran pada Ramadan hingga Lebaran telah mencapai sebesar 15-20 persen.

"Angka pastinya lagi kita lihat. Tahun lalu 15-20 persen, tapi dengan adanya penambahan penyelenggara fintech, peningkatan lebih dari itu," katanya.

Di samping itu, pria yang kerap disapa Kus ini juga memprediksi seusai Lebaran masih bakal terjadi permintaan yang juga signifikan. Meski begitu, dirinya juga tidak bisa memastikan berapa pertumbuhannya.

"Kita belum tahu, kemungkinan setelah lebaran bisa jadi masih ada peningkatan," tandasnya.

Baca juga:
Lika Liku Investree Hingga Dapatkan Izin Usaha Fintech dari OJK
Bisnis Penjualan Pulsa Diyakini Masih Akan Terus Tumbuh
AFPI Apresiasi 4 Fintech yang Peroleh Izin Usaha Dari OJK
Per Hari Ini, Fintech Amartha Salurkan Pembiayaan Hingga Rp1 Triliun
Platform Fintech Do-It Dorong UMKM Masuk ke Ekosistem Digital

(mdk/idr)