Masyarakat Tetap Bisa Investasi SBN Meski Tak Punya NPWP

UANG | 21 Oktober 2019 15:27 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Keuangan membuka peluang bagi para investor yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) berupa Obligasi Negara Ritel (ORI).

Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu, Loto S Ginting mengatakan, para mahasiswa pun dapat berinvestasi di surat SBN tanpa harus memiliki NPWP. Terpenting, adalah investor tidak melewati masa penawaran yang telah ditentukan.

"Seharusnya bisa (tanpa NPWP). Nanti apakah rekening surat berharga untuk punya NPWP wajib? Tidak," kata dia di Kantornya, Jakarta, Senin (21/10).

Loto mengatakan kebijakan ini sebetulnya bergantung pada mitra distribusi yang bekerjasama dengan Kementerian Keuangan. Menurutnya, ada yang memang memperbolehkan dan ada yang tidak mengizinkan tanpa NPWP.

"Tanyakan mitra distribusi untuk investor yang tidak ada NPWP, tidak ada kewajiban (pada dasarnya)," katanya.

Sementara itu, Founder Big Alpha Indonesia, Tirta Prayudha menambahkan, ada baiknya memang dalam berinvestasi itu terlebih dahulu memiliki NPWP. Sebab, dengan NPWP sama halnya berkontribusi dalam membangun negeri dengan membayar pajak.

"Kita mau investasi tidak ada NPWP. Solusinya kalian adalah bikin NPWP. Itu langsung jadi. Coba datang ke kantor pajak itu satu jam," tandas dia.

Baca juga:
Kuasai 95,9 Persen Saham Tuban Petro, Indonesia Hemat Devisa Rp5 Triliun
Ponsel BM Bakal Dibokir, Bagaimana Nasib Ponsel Impor?
Ponsel BM Bakal Diblokir, Bos Bea Cukai Beri Lampu Kuning ke Pengguna Jastip
Wapres JK: Kehati-hatian Pengadaan Sistem Core Tax Keterlaluan
Facebook: Ditjen Imigrasi dan Kemenkeu Paling Aktif di Media Sosial
Sri Mulyani Tegaskan Indonesia Perlu Tingkatkan Kualitas Pendidikan Akuntansi

(mdk/azz)