Mau Cepat Dapat Kerja, Kuasai 4 Keterampilan Ini

Mau Cepat Dapat Kerja, Kuasai 4 Keterampilan Ini
ilustrasi melamar kerja. © glassdoor
EKONOMI | 26 April 2022 06:30 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Saat melamar kerja, keterampilan umum seperti soft skills dan hard skills saja tidak cukup untuk membantu Anda lulus seleksi kerja. Selain 2 keterampilan tersebut, ada keterampilan lain yang masih jarang diketahui dan sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang melamar kerja, yaitu transferable skills.

Transferable skills adalah keterampilan yang diperoleh dan pelajari untuk melakukan suatu pekerjaan yang tetap berguna untuk melakukan beragam pekerjaan lainnya. Keterampilan ini bisa diperoleh dari berbagai pengalaman hidup seperti pengalaman pendidikan, organisasi, magang, dan pelatihan kerja.

Transferable skills ini bisa dibilang perpaduan dari soft skills dan hard skills namun berbeda dari keduanya. Keterampilan ini tidak semata-mata hanya bisa diterapkan di satu pekerjaan tertentu, sebab keterampilan ini adalah keterampilan yang pasti dibutuhkan oleh profesi apa pun.

Berikut keterampilan yang masuk kategori transferable skills dan bagaimana cara untuk mendapatkan dan mengembangkannya, dikutip JobStreet.

2 dari 5 halaman

1. Keterampilan Berkomunikasi

berkomunikasi rev1

Kemampuan untuk berkomunikasi yang efektif sangat dihargai oleh perekrut dan perusahaan. Jika ada keterampilan ini di CV-mu, perusahaan akan tertarik padamu saat proses seleksi.

Salah satu keterampilan berkomunikasi adalah keterampilan menulis dan presentasi. Hal ini dapat mencerminkan bagaimana cara Anda menyampaikan ide dan informasi yang dimiliki.

Selain itu, ada keterampilan persuasi yang digunakan untuk menjual produk, merekrut anggota tim, bahkan meningkatkan produktivitas. Terakhir, literasi digital.

Meskipun mendengarkan dan memberikan pendapat itu penting, komunikasi sebenarnya lebih dari sekadar mendengar dan memberikan pendapat. Saat ini, keterampilan komunikasi melalui teknologi atau literasi digital adalah kunci komunikasi yang efektif. Sistem kerja saat ini sangat bergantung dengan teknologi digital.

Terlebih lagi dengan adanya pandemi yang mengharuskan kita bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) dan hybrid, keterampilan literasi digital sangat penting untuk dimiliki. Keterampilan ini sangat berguna untuk memperoleh informasi, komunikasi, dan kolaborasi jarak jauh dengan rekan kerja di tengah pandemi ini.

3 dari 5 halaman

2. Berpikir Kreatif dan Kritis

kreatif dan kritis rev1

Perusahaan akan tertarik pada Anda jika Anda memiliki pemikiran yang kritis, efektif, dan kreatif dalam menghadapi masalah. Apalagi jika kesimpulan yang diberikan valid berdasarkan hasil menelaah suatu situasi atau konsep.

Untuk menguasai keterampilan ini, Anda perlu riset dan analisis data. Pekerjaan zaman sekarang banyak yang semakin bergantung kepada teknologi digital dengan jumlah data yang banyak. Oleh karena itu, kemampuan mengumpulkan informasi dan menelaahnya dengan cermat menjadi aset yang sangat penting.

Tak hanya itu, memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi yang tinggi membuat Anda dapat memikirkan berbagai solusi kreatif jika sedang dihadapi kesulitan. Setelah itu, keterampilan memecahkan masalah yang kompleks adalah keterampilan penting untuk dimiliki siapa pun jika sudah memasuki dunia kerja.

Keterampilan ini penting dimiliki seseorang untuk mencari solusi dari segala permasalahan yang terjadi. Ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Gunakanlah skenario 'bagaimana jika' saat Anda dihadapkan dengan suatu pekerjaan untuk mengembangkan beragam solusi dalam mengatasi masalah yang Anda hadapi ketika mengerjakan pekerjaanmu.

4 dari 5 halaman

3. Keterampilan Manajemen

Keterampilan ini dapat membantu Anda memastikan segala hal yang dikerjakan tempat kerja menjadi lebih teratur. Jika cara kerjamu teratur, pengelolaan tugas sehari-hari akan lebih efisien sehingga kinerja pekerjaan menjadi lebih berkualitas.

Perusahaan sangat menginginkan orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan yang berkualitas dengan cepat, apalagi jika Anda bekerja di lingkungan kerja yang bergerak serba cepat atau fast-paced. Memiliki kemampuan manajemen waktu untuk mengatur segala pekerjaan agar bisa dikerjakan dengan tepat waktu atau bahkan lebih cepat dapat membuatmu lebih disukai oleh perusahaan.

Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik sangat kamu butuhkan dalam melakukan pekerjaan. Sebab, jika Anda ditugaskan untuk mengerjakan suatu proyek, Anda harus memastikan bahwa proyek tersebut tidak melebihi anggaran perusahaan.

Planning atau kemampuan merencanakan sesuatu adalah keterampilan yang berguna jika dimiliki di lingkungan kerja mana pun. Ketika bekerja, Anda pasti akan dituntut untuk mengerjakan berbagai proyek tertentu. Untuk mengerjakan proyek tersebut, dibutuhkan perencanaan yang matang. Ini dilakukan untuk memastikan pekerjaan selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dan hasilnya memuaskan.

Perlu diingat, kesalahan sekecil apa pun, seperti typo bisa saja memiliki efek yang bisa memberikan dampak besar bagi perusahaan. Maka dari itu, ketelitian sangat penting diterapkan dalam bekerja. Perusahaan sangat menginginkan individu yang teliti agar dapat menghasilkan pekerjaan yang minim kesalahan.

5 dari 5 halaman

4. Keterampilan Sosial

sosial

Ketika memasuki dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang lain yang bekerja bersamamu. Anda juga akan dihadapkan dengan suatu proyek yang memerlukan Anda bekerja dengan orang lain.

Kerja sama tim dapat membangun dan memperkuat hubunganmu dengan rekan kerja. Semakin sering bekerja bersama rekan kerjamu yang lain, Anda akan semakin mengenal dan mengembangkan hubungan yang kuat antara satu sama lain. Hubungan tim yang baik dapat menghasilkan pekerjaan yang baik pula.

Untuk itu, memiliki rasa empati sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari. Peka terhadap perasaan orang lain yang bekerja denganmu membantu Anda lebih memahami mereka sehingga Anda bisa membangun hubungan yang berarti di tempat kerja. (mdk/azz)

Baca juga:
Cara Membuat SKCK di Polsek, Ketahui Dokumen yang Harus Dipersiapkan
6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja
5 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email, Praktis dan Mudah Dilakukan
30 Kata-kata Promosi Diri untuk Melamar Pekerjaan, Keren dan Kreatif
Contoh Surat Lamaran dalam Bahasa Inggris, Begini Tips Membuatnya
Cara Membuat Portofolio yang Menarik, Buat Lamaranmu Dilirik HRD

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami