Menengok SUV Esemka yang Dituding Mirip Mobil China dan Eropa

UANG | 20 September 2019 13:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan mobil produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) atau yang biasa disebut Esemka, yakni pickup Esemka Bima 1.200 cc dan 1.300 cc.

Selain mobil pickup, ada 3 mobil SUV yang juga dipajang. Hal ini diungkapkan Staf Khusus Presiden Jokowi, Diaz Hendropriyono dalam akun instagramnya. Dalam postingan tersebut, mengabadikan momen ketika dirinya mendapat kesempatan untuk membuka dan melihat interior salah satu SUV Esemka, yakni Garuda 1.

"Pengin lihat mobil Esemka? Nih salah satu mobilnya, lihat kacanya dibuat antipeluru, lihat dalamnya seperti ini, kursi depan, kursi belakang," tulis Diaz sembari menunjukkan bagian dalam Esemka Garuda 1.

Instagram/diaz.hendropriyono

Dalam video tersebut terlihat bagian dalam mobil ini yang menampilkan interior SUV Esemka yang tak kalah dengan mobil mewah merek Eropa. Terlihat pula Jok berwarna hitam yang dilapisi kulit dengan jahitan yang cukup rapi.

Instagram/diaz.hendropriyono

Warna interior pun serba hitam ditambah beberapa aksen kayu ala mobil Eropa di bagian door trim. Selain itu, di kursi belakang ada dua layar hiburan terpasang di bagian belakang disertai dengan aksen pelat besi bertuliskan 'Esemka'. Dia juga mengatakan bahwa kaca mobil tersebut berlapis anti peluru untuk melindungi penumpang di dalamnya.

Instagram/diaz.hendropriyono

Kendati demikian, pihak Esemka belum menyebutkan rencana peluncuran SUV-nya dalam waktu dekat karena masih fokus dalam mengembangkan pick-up Bima sebagai strategi bermain di pasar otomotif Indonesia.

Sayangnya, meski belum diluncurkan, namun mobil Esemka Garuda I ini dituding meniru desain mobil China dengan merek Foday Landfort. Tak hanya itu, SUV berlabel Armored by Esemka juga dituding milik mobil asal Swedia Volvo XC90.

Reporter Magang: Evie Haena Rofiah (mdk/azz)

Baca juga:
DPR Harap Proyek Mobil Esemka Mendapat Dukungan Luar Negeri
Jok Esemka Bakal Dipasok Industri Otomotif Dalam Negeri
Teken LoI, PT Rekadaya Siap Pasok Komponen Lokal ke Mobil Esemka
Tiada Fasilitas Rancang-Bangun, Gaikindo: Mobil Esemka Lakukan Rebadging
Menteri Airlangga: Komponen Lokal Esemka 62 Persen, Toyota Kijang Sudah 90 Persen
Penjelasan Airlangga Soal Desain Mobil Esemka Disebut Mirip Mobil China

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.