Mengenal Tol Terpanjang di Indonesia yang Bakal Diresmikan Jokowi

UANG | 15 November 2019 11:45 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pembangunan itu bertujuan untuk meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain.

Dari sekian banyak pembangunan, Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung segera diresmikan Presiden Jokowi. Tol ini disebut-sebut tol terpanjang di Indonesia. Berapa panjang tol Terbanggi? Berikut ulasannya:

1 dari 5 halaman

Panjang 189 Km

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan segera diresmikan Presiden Jokowi. Tol tersebut memiliki panjang 189 km. Dengan panjang itu, tol Terbanggi akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

"Jalan tol ini memiliki panjang 189 km dan akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Jumat (15/11).

2 dari 5 halaman

Biaya Investasi Rp 21 Triliun

Konstruksi ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung telah dikerjakan sejak Juli 2018 dengan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun, dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Tol ini merupakan salah satu ruas Trans-Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional mulai dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.700 kilometer. Tol Trans-Sumatera dapat menjadi alternatif selain Jalan Lintas Timur Sumatera yang sudah ada.

3 dari 5 halaman

Beroperasi Akhir Tahun 2019

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung mulai beroperasi akhir tahun ini. Saat ini, tol sepanjang 189,2 kilometer tersebut tengah memasuki tahap penyelesaian akhir pembangunan.

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,20 kilometer dengan progres konstruksi sudah mencapai 99 persen.

Sementara untuk Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer saat ini progres konstruksinya telah mencapai 97 persen.

4 dari 5 halaman

Akan Diresmikan Jokowi

Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Dalam kunjungannya itu, Jokowi akan meresmikan Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

"Peresmian tersebut dipusatkan di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung," kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Jumat (15/11).

5 dari 5 halaman

Bakal Digratiskan di Awal Pembukaan

Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019. Pada awal operasi, tol ini akan digratiskan. Terkait tarif ruas tol, lanjut dia, nantinya bakal dituangkan dalam Keputusan Menteri PUPR.

"Gratis dulu. Sampai kapannya menunggu instruksi Pak Presiden, biasanya disampaikan kan," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, di Restoran Seribu Rasa Menteng, Jakarta, Kamis (14/11/2019). (mdk/dan)

Baca juga:
Tol Terbanggi Besar di Sumatera Beroperasi Akhir Tahun Ini
Ke Lampung, Presiden Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia
Penusuk Menko Wiranto Pindah ke Pandeglang Karena Rumahnya di Medan Kena Gusur
Jokowi Suntik Modal Hutama Karya Rp10,5 Triliun untuk Bangun Tol Trans Sumatera
Mengenal Tol Terpanjang di Indonesia yang Bakal Diresmikan Jokowi