Menhub Akan ke Bandara Cengkareng Tenangkan Calon Jemaah Umrah Batal ke Tanah Suci

Menhub Akan ke Bandara Cengkareng Tenangkan Calon Jemaah Umrah Batal ke Tanah Suci
UANG | 27 Februari 2020 18:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi akan mengunjungi para calon jemaah umrah yang terkatung-katung di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Para jemaah tidak bisa berangkat ke Tanah Suci menyusul kebijakan Arab Saudi melarang ibadah umrah sebagai antisipasi virus corona.

"Saya akan ke Bandara tentu kita akan memberikan ketenangan kepada mereka," cetus Menhub usai menghadiri rapat tingkat menteri membahas langkah Kerajaan Arab Saudi untuk melarang sementara jemaah umrah Indonesia, di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2).

Budi menyebut, sejak pagi sebenarnya pihaknya telah meminta Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta dan para maskapai yang melayani penerbangan ke Arab Saudi untuk menginformasikan secara online kepada para calon jemaah ihwal penghentian tersebut.

"Agar jemaah itu menunda perjalanan ke bandara. Tetapi kan mereka sudah jalan, mereka ke sana saya akan ke bandara untuk bertemu," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Jemaah Terlantar

rev1

Sebelumnya diketahui, Para calon jemaah umrah tertumpuk di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Kamis (27/2).

Calon jemaah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu tertahan di Terminal 3 lantaran pemerintah Saudi Arabia memberlakukan penghentian sementara keberangkatan umrah dari Indonesia.

Para calon jemaah terlihat hanya duduk di ruang tunggu keberangkatan di tiap sudut. Koper-koper tertumpuk di depan chek-in maskapai penerbangan.

"Pasrah saja mbak. Mau bagaimana lagi, ini kan putusan sepihak dari Arab Saudi, kalau Allah berkehendak demikian, ya sudah, mau gimana lagi," ungkap Ali Ibrahim, salah seorang jemaah asal Palembang.

Kekecewaan sebenarnya ada dibenak Ali Ibrahim, namun hal tersebut terhibur dari niat baik pengurus travel umrah yang sudah mengurus segala keperluan dan juga tidak membiarkan para jemaah terlantar berhamburan. Terlihat, para calon jemaah masih diberi makan siang, cemilan sehat dan air mineral.

"Kalau dari pihak travel sudah melayani dan memberikan hak kami. Kami juga masih berharap, ini bukan tidak jadi berangkat, tapi hanya ditunda keberangkatannya," ujar Ali. (mdk/idr)

Baca juga:
Umrah Dihentikan Sementara, 150 Jemaah Palembang Tertahan di Singapura
Arab Saudi Larang Umrah, 1.200 Jemaah Umrah Sulsel Batal ke Tanah Suci
438 Jemaah Umrah dari Juanda ke Arab Saudi Gagal Berangkat
Umrah Ditangguhkan, Jemaah WNI di Saudi Masih Bisa Ziarah ke Madinah
Menko PMK Gelar Rapat Bahas Pelarangan Umrah oleh Saudi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami