Menhub Budi Ingin Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Sampai Surabaya

Menhub Budi Ingin Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Sampai Surabaya
UANG | 23 Februari 2020 17:51 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan dalam jangka panjang jalur kereta cepat Jakarta-Bandung bisa diteruskan sampai Surabaya lewat jalur selatan. Hal itu diupayakan agar bisa mengakomodasi kebutuhan transportasi penduduk di Jawa bagian Selatan.

"Kalau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini sukses, maka sesuai rencana awal akan bisa berlanjut sampai Surabaya melalui jalur selatan Pulau Jawa," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (23/2).

Pemerintah ingin mengakomodasi alternatif transportasi darat bagi masyarakat di Jawa bagian selatan seperti Garut, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, hingga Solo.

Terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Menhub Budi mengatakan, pemerintah tetap peduli adanya alih teknologi dari China ke Indonesia, sehingga Indonesia juga bisa mengoperasikan kereta api cepat berteknologi tinggi itu.

"Saya tadi melihat sendiri kalau transfer teknologi sudah dilakukan dan berjalan baik. Itu yang memang Pemerintah Indonesia harapkan," katanya.

1 dari 1 halaman

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan Proyek Strategis Nasional yang dikerjakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Berdasarkan informasi KCIC, hingga saat ini progres proyek mencapai 43,45 persen dan tengah dikerjakan pembangunan 13 terowongan. Sementara progres pembebasan lahan mencapai 99,96 persen.

Kereta cepat Jakarta-Bandung akan memiliki panjang 142,3 kilometer dengan empat stasiun pemberhentian yakni Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Dari jalur tersebut sebanyak 80 kilometer dibangun secara melayang, sedangkan, sisanya digarap di atas tanah yang diantaranya melalui terowongan yang menembus bukit. (mdk/azz)

Baca juga:
Terdampak Virus Corona, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Selesai Sesuai Target
Pemasangan 27 Tiang Pancang Kereta Cepat, Jalan Cikunir Raya Bekasi Ditutup
Pemerintah dan China Silang Pendapat Soal Frekuensi Kereta Cepat
Pengerjaaan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terganggu akibat Virus Corona
Kereta Cepat Italia Tergelincir, 2 Orang Tewas
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2021, KCIC Buka 2.400 Lowongan Kerja

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami