Menhub Budi: Larangan terbang ke Eropa dicabut bisa tingkatkan turis ke RI

Menhub Budi: Larangan terbang ke Eropa dicabut bisa tingkatkan turis ke RI
UANG | 15 Juni 2018 21:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pencabutan larangan penerbangan maskapai RI oleh komisi Eropa dapat mendorong sektor pariwisata maskapai RI.

"Ini pasti meningkatkan kedatangan turis ke Indonesia, sudah pasti. Jadi pasti berkontribusi pada kedatangan turis," tuturnya di Jakarta, Jumat (15/6).

Lebih lanjut, Menteri Budi menjelaskan akan terus meningkatkan pelayanan maskapai di kota-kota besar maupun yang berada di daerah.

"Kami akan konsisten pada 2 hal, untuk di perkotaan terutama Bali dan Jakarta kita secara detil akan lihat sisi-sisi operasionalnya agar mereka mampu untuk bersaing seperti slot dan sebagainya, karena kan level of service ini penting ya," ungkapnya.

"Kemudian kedua kami sadar bahwa level of safety di Papua itu perlu kita tingkatkan. Jadi dua, yang disini (Jakarta-Bali) kita tingkatkan level of service, sedangkan yang belum maksimal kita tingkatkan level of safety-nya," tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury berharap pencabutan dapat meningkatkan kepercayaan Eropa pada penerbangan di Indonesia.

"Rating garuda juga langsung naik jadi seven star setelah Indonesia keluar dari safety list eropa. Selama ini masih bintang lima, tertinggi itu rating 7. Jadi saya harap ini bisa meningkatkan kepercayaan Eropa pada kita ya," tegasnya.

Pahala juga menambahkan pasca pencabutan tersebut, pertumbuhan yang dirasa perseroan cukup signifikan.

"Traffic cukup besar, pertumbuhannya bisa mendekati 20 persen. Belanda sendiri inbound turisnya bisa 300.000 per tahun, belum lagi yang dari Perancis. Jadi kalau dikumpul-kumpul Uni Eropa ini mungkin sama besarnya dengan Jepang," katanya.

Sumber : Liputan6

Reporter : Bawono Yadika (mdk/azz)

Baca juga:
Menlu Retno : Pencabutan larangan terbang ke Eropa hasil kerja keras yang panjang
Menko Luhut sebut belum ada rencana rombak direksi Garuda Indonesia
Maskapai RI bebas terbang ke Eropa, Menhub Budi : Ini kado bagi Indonesia
Larangan maskapai RI terbang ke Eropa dicabut, ini respons Menhub Budi
Resmi, Uni Eropa cabut larangan terbang untuk semua maskapai penerbangan Indonesia
Kemenhub perintahkan semua bandara pasang banner mengenai aturan harga tiket pesawat
Kemenhub ingatkan masyarakat tak sembarangan terbangkan balon udara

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami