Menhub Budi Prediksi Terjadi Lonjakan Penumpang ke Kepulauan Seribu Akhir Pekan Ini

Menhub Budi Prediksi Terjadi Lonjakan Penumpang ke Kepulauan Seribu Akhir Pekan Ini
Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com
EKONOMI | 14 Mei 2021 17:30 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengecek Pelabuhan Kaliadem, Jakarta Utara pada Jumat (14/5) atau hari ke-9 masa peniadaan mudik. Aksi blusukan tersebut untuk memastikan pergerakan penumpang di kawasan Jabodetabek, yang termasuk wilayah aglomerasi, tetap terkendali.

"Pelabuhan Kaliadem merupakan simpul transportasi yang masih diperbolehkan beroperasi untuk melayani masyarakat di kawasan aglomerasi. Khususnya di Jabodetabek yang pergerakannya paling besar dibandingkan kawasan aglomerasi lainnya," kata Menhub, Jumat (14/5).

Di Pelabuhan Kaliadem, Menhub mengatakan, pada hari ini tercatat ada 1.768 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Kaliadem menuju Kepulauan Seribu. Namun, pada akhir pekan ini diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang dari Pelabuhan Kaliadem menuju ke Kepulauan Seribu.

"Pada hari Sabtu dan Minggu besok diperkirakan terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Kaliadem menuju ke Kepulauan Seribu," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memastikan penerapan protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan baik. Termasuk pelaksanaan pengecekan kesehatan secara acak menggunakan rapid antigen bisa dilakukan lebih masif.

"Saya minta pengecekan random test dilakukan lebih masif dengan menambah jumlah alat tes rapid antigen dan petugasnya. Saya minta petugas kesehatan dari BKKP Ditjen Perhubungan Laut membantu pelaksanaan pengecekan rapid tes antigen yang dilakukan oleh Satgas dan Kepolisian," ucapnya.

Menhub mengingatkan para petugas untuk selalu mengimbau kepada penumpang agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Mengingat, selama pandemi, diberlakukan pembatasan kapasitas kapal sebesar 50 persen dari kapasitas maksimal.

"Saya juga meminta kapasitas maksimal kapal dikurangi lagi dari 50 persen, jika masih terlalu padat," tukasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
VIDEO: Lokasi Wisata Jakarta Ini Hanya Untuk Warga Ber-KTP DKI
Selama Libur Lebaran, Taman Margasatwa Ragunan Berikan Layanan Transjakarta Gratis
Aktivitas Wisata Ciwidey Bandung Sepi karena Penyekatan Mudik Lebaran
H+1 Lebaran, 2.500 Pengunjung Padati Kebun Binatang Bandung
Menikmati Libur Lebaran di Taman Margasatwa Ragunan
Wisata Pantai Padang Ditutup 14-16 Mei 2021

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami