Menhub Budi sebut LRT Palembang diujicoba pada Asian Games 2018

UANG | 6 Februari 2017 18:52 Reporter : Faiq Hidayat

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan bakal diujicoba saat perhelatan Asian Games 2018. Sedangkan, untuk LRT Jakarta juga akan dicoba setahun setelahnya atau 2019.

"LRT tadi dibahas bagaimana membangunnya, bagaimana skema-skema pembiayaannya. Selesai itu, Palembang uji (saat) Asian Games dan yang Jakarta pada 2019," ujar Budi di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/2).

Menurut Budi, sejumlah kementerian terkait tengah membahas skema pembiayaan dan akan segera melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo. Saat ini, total progres pembangunan kereta listrik ringan di Palembang telah mencapai 35 persen, sementara tingkat kemajuan pembangunannya di Jakarta mencapai 12 persen.

Budi menjelaskan pembangunan kereta listrik ringan di Jakarta memakan waktu lebih panjang karena total panjang jalur rute yang dilalui. Untuk pengadaan unit kereta listrik yang akan dioperasikan di jalur LRT Jakarta, pemerintah telah menunjuk PT KAI.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah terus memantau pembangunan LRT untuk mencari solusi jika ada masalah yang menghambat. Dia juga meminta agar pembangunan LRT dapat selesai saat Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (mdk/sau)

Baca juga:
Menhub Budi: Rusia siap bangun rel kereta api Kaltim-Kalteng
Teras Cihampelas, pedestrian di langit-langit Bandung ramah difabel
Ridwan Kamil resmikan teras Cihampelas: Ini pertama di Indonesia
PU-Pera: Pembebasan lahan untuk Tol Bocimi selesai tahun ini
Pelindo I kejar pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung
Pembangunan Bandara Kertajati capai 27 persen, awal 2018 beroperasi
Kemenhub restui pembangunan fly-over Manahan senilai Rp 52 miliar

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.