Menhub Budi Sebut Pengoperasian Maskapai Asing Beri Peluang Reformasi

UANG | 10 Juni 2019 18:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya rencana mendatangkan maskapai asing beroperasi di Indonesia, seharusnya maskapai dalam negeri yang sudah beroperasi lama melakukan perubahan, sehingga menciptakan tarif yang seimbang.

"Saya masih menaruh harapan bahwa maskapai yang ada melakukan reformasi lah, supaya ada keseimbangan harga, supply demand," kata Budi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (10/6).

Menurutnya, jika perubahan telah dilakukan dan keseimbangan terjadi, maka masyarakat akan tetap mengandalkan maskapai dalam negeri. Dia pun belum bisa memastikan, keefektifan maskapai luar negeri.

"Sehingga maskapai asing second alternatif. Efektif atau tidak tergantung kesiapan mereka sendiri," ujar Budi.

Budi mengungkapkan, maskapai dalam negeri sesungguhnya sudah mengalami pengalaman, sehingga tinggal melakukan perbaikan. Terkait dengan rencana membuka peluang maskapai asing, akan menyeimbangkan suplai dan dengan kebutuhan sehingga akan membawa dampak pada penurunan harga tiket pesawat.

"Kalau bicara demand supply apa spirit Pak Presiden demand supply kalau makin seimbang maka harga itu akan diperoleh equilibrium. Demand supply bisa dilakukan yang ada sendiri, memberikan supply lebih baik pasti ada satu koreksi," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Kemenhub Sebut Maskapai RI Tengah Rugi, Begini Saham AirAsia dan Garuda
Harga Tiket Pesawat Mahal, Maskapai Kurangi Operasi Armada Saat Mudik
Maskapai Dalam Negeri Tengah Merugi, Kemenhub Buat Kajian
Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Jumlah Penumpang Turun 28,48 Persen
Pekan Depan, Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Dievaluasi
Pemerintah Tetap Hati-Hati Terkait Rencana 'Impor' Maskapai Asing

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.