Menhub Budi Tinjau Kesiapan Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

Menhub Budi Tinjau Kesiapan Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta
Budi Karya Sumadi. ©2016 merdeka.com/mitra ramadhan
UANG | 17 Januari 2021 14:52 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi untuk memastikan keselamatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (17/1). Tiba di Terminal 2, Menhub terjun langsung untuk mengecek kesiapan pesawat (ramp check) Batik Air nomor registrasi PK – LBH di sisi udara (air side).

Adapun ramp check di dalam operasional sehari-hari dilakukan oleh inspektur yang ditunjuk oleh regulator.

"Hari ini kita melaksanakan ramp check, suatu proses di mana semua pesawat yang akan berjalan dilakukan penelitian terlebih dahulu terhadap fungsi mesin, fungsi pergerakan. Oleh karenanya kami pastikan bahwa pesawat yang akan take off di semua bandara di Indonesia dengan suatu kualifikasi laik," ujar Menhub saat melakukan inpeksi di Bandara Soekarno Hatta.

Dalam pelaksanaan ramp check, Kemenhub melakukan pemeriksaan mendetail guna menjamin kelaikan pesawat untuk beroperasi, termasuk antara lain mencakup pemeriksaan log book catatan pesawat terkait mesin, struktur dan operasional.

Menhub Budi menambahkan, peran operator bandara juga cukup penting dalam mendukung keselamatan penerbangan khususnya terkait dengan pergerakan pesawat selama di area bandara.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan dalam kegiatan 'ramp check' ini dilakukan pengecekan pada seluruh aspek baik badan pesawat maupun dokumen terkait pesawat.

"Kita tadi langsung on site mengecek pesawat Batik Air, kita cek log booknya, kita cek fisiknya, kita cek pilotnya, kita cek personilnya, kemudian catatan-catatan apa yang ada di ‘history’ di dalam pesawat. Ini semua dipastikan untuk menjamin keselamatan, bahwa semuanya berjalan dengan sebagaimana mestinya," ujar Novie Riyanto.

Baca Selanjutnya: Komponen Pesawat...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami