Menhub Budi Ucapkan Belasungkawa untuk Gus Sholah: Saya Fans Berat Beliau

Menhub Budi Ucapkan Belasungkawa untuk Gus Sholah: Saya Fans Berat Beliau
Menhub Budi Karya Sumadi. ©2019 Liputan6.com/Athika Rahma
EKONOMI | 3 Februari 2020 10:58 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang merupakan fans berat dari KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) mengucapkan rasa belasungkawa atas kepergian Gus Sholah. Dia sangat merasa senang saat mendengarkan ceramah dari Gus Sholah.

Seperti diketahui, adik dari Presiden Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, pada Minggu (2/2) pukul 20.55 WIB.

"Ya saya adalah satu fans berat beliau, senang mendengarkan petuah beliau kalau berceramah, itu menjadi satu yang menarik untuk membesarkan bangsa Indonesia," kata Budi di kediaman Gus Sholah, Jakarta Selatan, Senin (3/2).

Pesan-pesan yang diberikan atau disampaikan oleh Gus Sholah dinilai telah memberikan suatu warna bagi bangsa Indonesia. "Saya bersahabat dengan Mas Ipang, karena saya yakin keluarga ini adalah keluarga baik, memberikan warna bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

Dengan banyaknya pesan-pesan yang diberikan oleh Gus Sholah dan tak menyinggung perasaan orang lain. Dia mendoakan agar Gus Sholah dapat diterima di sisi Allah SWT.

"Kami, saya, melihat bahwa Pak Solahudin Wahid sangat mewakili kehidupan kita berbangsa. keragaman, petuah-petuah bahwa kita hidup berbangsa harus menjalin satu keragaman. Pasti keluarga Wahid adalah satu keluarga yang sangat membanggakan, semoga almarhum mendapat tempat di sisi Allah," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Sosok Gus Sholah

sholah rev1

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan sosok Gus Sholah sangat risau dengan orang dan pihak-pihak yang belum memahami dengan baik soal Pancasila, terutama dari kalangan umat Islam. Maka, Gus Sholah sering menegaskan Pancasila itu tidak bertentangan dengan agama Islam malahan sangat berkaitan erat.

"Salah satu tugas dan kewajiban mulia yang harus dilakukan oleh umat Islam menurut Gus Sholah adalah mengisi, mempertahankan serta memperjuangkan Pancasila sebagai dasar negara karena dengan itu persatuan dan kesatuan bangsa akan bisa ditegakkan dan diwujudkan," katanya.

Gus Sholah dikenal pula sebagai pribadi yang cinta damai dan menghindari keributan.

Oleh karena itu, katanya, Gus Sholah sangat mendorong dan mendambakan tegaknya sikap bertoleransi yang tinggi di tengah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut dia, Gus Sholah sangat sadar bahwa untuk tegak dan terwujudnya kehidupan yang penuh toleransi tersebut jelas tidak mudah. (mdk/azz)

Baca juga:
Liang Lahat Gus Sholah Berada di Sebelah Utara Makam Kiai Wachid Hasyim
Menag Fachrul Razi Kenang Gus Sholah: Rendah Hati dan Selalu Menyampaikan Pesan Sejuk
Lantunan Selawat Antarkan Jenazah Gus Sholah Ke Tebuireng Jombang
Takziah ke Rumah Duka Gus Sholah, Prabowo Sebut Kehilangan Tokoh Penting Islam
Romo Benny Mengenang Saat Bersama Gus Sholah Damaikan Konflik di Ambon dan Poso
Khofifah Kenang Gus Sholah: Beliau Beri Energi Luar Biasa dalam Karir Politik Saya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami