Menhub: Presiden Jokowi akan Resmikan Pelabuhan Patimban di Minggu Ketiga Desember

Menhub: Presiden Jokowi akan Resmikan Pelabuhan Patimban di Minggu Ketiga Desember
UANG | 3 Desember 2020 17:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada pekan ketiga Desember 2020 ini.

Jokowi bakal melakukan soft launching Pelabuhan Patimban pada kurun waktu tersebut. Namun, Menhub Budi belum merinci kapan tanggal peresmian itu.

"Paling tidak minggu ketiga akan hadir pak Presiden di acara soft launching," kata Menhub Budi Karya di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12).

Budi Karya menceritakan, Jokowi tak mau pengerjaan infrastruktur seperti Pelabuhan Patimban jadi terlambat meski di tengah pandemi Covid-19. Kendati begitu, Jokowi tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pengerjaannya.

"Pak Presiden katakan protokol kesehatan harus dilakukan, tapi pembangunan juga tidak boleh terlambat. Makanya diminta Desember, maka Desember ini kita lakukan," ungkapnya.

Pernyataan tersebut turut diamini Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban, Anwar. Dia menyampaikan, peresmian awal Pelabuhan Patimban diperkirakan memang akan dilakukan di pekan ketiga Desember.

"Estimasi waktunya ya memang segitu. Kan kita juga nanti koordinasikan ketersediaan waktu pimpinan, pak Presiden dan kesediaan kargonya. Jadi makanya kira-kira pertengahan Desember, 2-3 minggu dari sekarang," ujar Anwar.

Baca Selanjutnya: Kalahkan Pelabuhan Internasional Negara Lain...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami