Menko Airlangga Bakal Promosi Kelapa Sawit di Hannover Messe 2020

UANG | 30 Oktober 2019 14:28 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah pameran teknologi industri Hannover Messe 2020. Pameran internasional tahunan terbesar di sektor teknologi industri tersebut yang fokus terkait otomotif, elektronik, robotik, informasi teknologi dan manufaktur.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, ajang tersebut akan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mempromosikan kelapa sawit Indonesia yang selama ini didiskriminasi di luar negeri.

"Jadi di Hannover Messe itu kita akan fokus pada investasi, ekspor, dan menjadi kesempatan buat kita untuk mempromosikan terkait sawit. Jadi terkait dengan biofuel, jadi kita akan gunakan sebagai platform campaign di Eropa terkait dengan sustainability kelapa sawit," ujar Airlangga di Kantornya, Jakarta, Rabu (30/10).

Dia melanjutkan, sebanyak 100 perusahaan milik Indonesia akan menampilkan kebolehannya dalam perhelatan besar tersebut. Indonesia merupakan negara pertama di Asean yang menjadi negara patner pelaksanaan Hannover Messe 2020.

"Kita akan tampilkan sampai dengan sekarang kurasinya sudah ada 100 perusahaan, kebanyakan dari 5 sektor tadi. Kita akan dorong supaya bisa menjadi 150 perusahaan targetnya. Kita juga menyampaikan transformasi kebijakan ekonomi kita menuju digital economy," jelasnya.

Adapun target khusus Hannover Messe 2020 adalah peningkatan hubungan kerja sama dengan Jerman. Mantan Menteri Perindustrian tersebut berharap keterlibatan Indonesia dalam perhelatan tersebut mampu menarik lebih banyak investasi masuk ke dalam negeri.

"Perdagangan dengan Eropa, khususnya Jerman kita tingkatkan. Kemudian investasi Jerman di Indonesia bisa meningkat. Presiden juga harapkan dari kerjasama dengan Jerman itu terkait dengan kerja sama vokasi atau bidang SDM," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Pemerintah Perlu Prioritaskan Penuntasan Sengketa Lahan Sawit
Bahas Diskriminasi Sawit dengan Eropa, Indonesia Pakai Pengacara Belgia
Pemerintah dan Apkasindo Kejar Target Peremajaan 180 Ribu Hektare Perkebunan Sawit
Pabrik Terancam Disita, Perusahaan Sawit di Rohul Gugat 4 Orang
Kemenko Perekonomian Tepis Tudingan Kebakaran Hutan Untuk Pembukaan Lahan Sawit
VIDEO: Jokowi Gandeng Belanda Dorong Industri Kelapa Sawit

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.