Menko Airlangga Klaim Penanganan Covid-19 Indonesia Membaik

Menko Airlangga Klaim Penanganan Covid-19 Indonesia Membaik
Vaksin Corona Covid 19. ©2020 Merdeka.com
EKONOMI | 2 Agustus 2021 21:13 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengklaim, penanganan peningkatan kasus Covid-19 sudah mengalami perbaikan dari beberapa indikator. Hanya saja dilihat dari perkembangannya masih mengalami fluktuasi.

"Terkait perkembangan kasus yang masih sangat fluktuatif namun sudah ada perbaikan dari beberapa indikator," kata Menko Airlangga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (2/8).

Menko Airlangga menuturkan pemerintah telah mendorong berbagai upaya perbaikan di tingkat hulu. Seperti peningkatan testing yang mencapai target minimal per hari. Sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

"Beberapa daerah testingnya cukup memenuhi target kenaikan, artinya masih beberapa persen terjadi kenaikan keseluruhannya 50 persen secara rerata," kata dia.

Di Tarakan, Menko Airlangga menyebut tingkat testing harian sudah mencapai 78,5 persen. Di Jayapura mencapai 73,1 persen, Pekanbaru 67,9 persen, dan Makassar 62,2 persen.

Beberapa daerah di luar Pulau Jawa dengan prosentase sudah di atas nasional antara lain Medan 33,39 persen, Makassar 39,41 persen, Banjarmasin 26,9 persen, Pekanbaru 42 persen, Banjarbaru 27 persen, Jayapura 41,62 persen. Sedangkan untuk Kepulauan Riau sudah di atas 60 persen.

Menko Airlangga melanjutkan peningkatan tracing oleh tracer juga nanti dipersiapkan dengan menggunakan digital tracing. Selain itu pemerintah juga terus mendorong penggunaan masker dan target vaksinasi daerah.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami