Menko Airlangga Minta Perbankan Segera Sesuaikan Suku Bunga dengan Acuan BI

Menko Airlangga Minta Perbankan Segera Sesuaikan Suku Bunga dengan Acuan BI
UANG | 20 Februari 2020 17:04 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, meminta perbankan segera menyesuaikan suka bunga acuan kredit sesuai keputusan Bank Indonesia. Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Sentral memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen.

"Yang paling penting transmisi dari BI ke perbankan itu dipercepat, karena sekarang BI Rate sudah turun tapi transisi di perbankan nya masih belum turun," kata Menko Airlangga di Jakarta, Kamis (20/2).

Menko Airlangga menyebut dengan penurunan suku bunga perbankan maka akan berdampak baik pada investasi nasional. Mengingat para investor mengincar suku bunga acuan perbankan yang rendah untuk menyalurkan modalnya.

"Tentu ini kesempatan untuk investasi karena kan investasi membutuhkan waktu 2 sampai 3 tahun, capital market tingkat suku bunga yang sedang turun," tandas dia.

1 dari 1 halaman

BI Turunkan Suku Bunga Acuran Menjadi 4,75 Persen

suku bunga acuran menjadi

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 19-20 Februari 2020 memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen. Suku bunga Deposit Facility juga turun sebesar 25 bps menjadi 4 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,5 persen.

Bank Indonesia menegaskan kebijakan moneter akan tetap akomodatif dan konsisten dengan prakiraan inflasi yang terkendali dalam kisaran sasaran, stabilitas eksternal yang aman, serta sebagai langkah pre-emptive untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah tertahannya prospek pemulihan ekonomi global sehubungan dengan terjadinya Covid-19.

"Strategi operasi moneter terus ditujukan untuk menjaga kecukupan likuiditas dan mendukung transmisi bauran kebijakan yang akomodatif," tulis BI dalam keterangannya di Jakarta.

(mdk/bim)

Baca juga:
Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan 25 Bps Menjadi 4,75 Persen
Deretan Upaya Indonesia Kejar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen
Bank Indonesia Masih Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5 Persen
RDG Bank Indonesia November Putuskan Pertahankan Suku Bunga Acuan 5 Persen
Pemerintah Kaji Penurunan Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat
Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Acuan Oktober 2019 Menjadi 5 Persen
BI Sebut Butuh Waktu untuk Perbankan Turunkan Suku Bunga

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami