Menko Airlangga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Minus 2 Persen di Kuartal III-2020

Menko Airlangga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Minus 2 Persen di Kuartal III-2020
UANG | 11 Agustus 2020 13:03 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 berada di rentang antara minus 1 persen hingga 2 persen. Untuk itu, Pemerintah sedang melakukan berbagai upaya agar ekonomi nasional tetap tumbuh positif di kuartal III-2020.

"Tentu Indonesia yang turun 5,32 persen diharapkan bisa membaik di kuartal III dengan prediksi minus 2 minus 1 atau bahkan berharap bisa masuk positif," kata dia di acara launching Collective Action Coalition Againts Corruption (CAC) Indonesia secara virtual, Jakarta, Selasa (11/8).

Airlangga menekankan, salah satu upaya agar perekonomian nasional tumbuh positif pada kuartal III tahun ini adalah melalui belanja pemerintah. Menurut dia, disisa waktu sampai akhir tahun pemerintah harus membelanjakan anggaran sekitar Rp1.700 triliun lagi.

"Pemerintah sendiri sudah menyiapkan anggaran yang defisitnya diperlebar sepanjang tahun ini Rp2.700 triliun sampai Juni sudah dibelanjakan Rp1.000 triliun, dan masih ada sekitar Rp1.700 triliun yang perlu dibelanjakan pada kuartal III dan IV nanti," kata Airlangga.

Baca Selanjutnya: Belanja Pemerintah Dongkrak Ekonomi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami