Menko Airlangga: Skema Upah Minimum Ditetapkan Gubernur Daerah Masing-Masing

Menko Airlangga: Skema Upah Minimum Ditetapkan Gubernur Daerah Masing-Masing
airlangga hartarto. ©2019 Merdeka.com/nur habibie
UANG | 20 Februari 2020 15:48 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan skema upah minimum bulanan akan diatur dan ditetapkan oleh gubernur daerah masing-masing. Penetapan itu tertuang dalam Rancangan Undang Undang Cipta Kerja yang sudah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Formulasi penetapan upah dilakukan berdasarkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Diharapkan dengan begitu daya beli masyarakat di daerah akan terjaga.

"Salah satu terkait tenaga kerja perlu diketahui gubernur bupati walikota pengupahan minimum ini gubernur yang menetapkan upah minimum setiap tahunnya ini perlu diperhatikan," kata dia di Jakarta, Kamis (20/2).

Airlangga menyebut, formulasi penetapan ini dilakukan bagi daerah yang ekonominya mengalami pertumbuhan negatif, namun basis perhitungannya tetap menggunakan yang lama. Sehingga para tenaga kerja tetap memiliki daya beli saat ekonomi sedang lesu.

"Di sini basisnya formulasi pertumbuhan ekonomi di daerah, apabila pertumbuhan negatif maka yang digunakan upah minimum formulasi sebelumnya, itu sebagai pertumbuhan batasan gaji, sehingga tidak ada upah turun," kata dia.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Klaim Lindungi Buruh...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami