Menko Airlangga: Vaksinasi oleh Jokowi Buat IHSG Jadi Juara di ASEAN

Menko Airlangga: Vaksinasi oleh Jokowi Buat IHSG Jadi Juara di ASEAN
UANG | 14 Januari 2021 12:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan laporan positif kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melambung pesat di hari yang sama ketika vaksinasi Covid-19 tahap pertama dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu, 13 Januari 2020.

Airlangga mengatakan, indeks saham nasional pada Rabu kemarin secara year to date melesat di level 6.435, bahkan menjadi yang tertinggi di kawasan Asean.

"Sebagai informasi bapak Presiden, Undang-Undang Cipta Kerja, terutama dengan dimulainya vaksinasi oleh bapak Presiden kemarin, kemarin indeks (saham) mencapai 6.435, dan ini tertinggi di Asean," ujarnya dalam Koordinasi Tahunan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) secara virtual, Kamis (14/1).

"Kenaikannya mencapai 7,63 persen, lebih tinggi dari Vietnam 7,44 persen dan Thailand 7,34 persen," imbuhnya.

Dia juga turut menyinggung reformasi struktural perekonomian nasional yang dilakukan melalui pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang diperundangkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2020.

Menurut dia, UU Cipta Kerja tidak hanya bertujuan meningkatkan ekosistem investasi melalui kemudahan perizinan berusaha, tetapi juga mengubah perilaku aparat pemerintah dan para pelaku usaha, melalui penggunaan sistem yang berbasis elektronik dan integrasi data.

"UU Cipta Kerja juga mendorong pelaku usaha, terutama UMK, untuk berbadan hukum, dengan mendirikan PT Perseorangan untuk UMK. Sehingga memiliki aspek legal yang kuat, masuk ke sektor formal, dan menerapkan praktek bisnis yang sehat," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
IHSG Berpeluang Menguat Didorong Sentimen Vaksin Covid-19
IHSG Dibuka Menguat, Pemilik Dana Bisa Beli 7 Saham Ini
Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19, Saham Farmasi Diburu Investor
IHSG Dibuka Menguat ke Posisi 6.439, Ini 7 Saham Bisa Jadi Pilihan Investor
IHSG Diprediksi Melemah, Cek Saham yang akan Tetap Hijau
IHSG Dibuka Menguat, Investor Bisa Beli 7 Saham Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami