Menko Darmin Ajak Singapura Pererat Hubungan Kerja Sama

UANG | 16 September 2019 18:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengajak Singapura untuk mempererat kerja sama ekonomi kedua negara.Selain itu, Darmin juga mengajak Singapura untuk membahas konferensi (summit) antara Indonesia dan Singapura yang rencananya berlangsung pada 8 Oktober 2019 mendatang.

"Jadi, pertemuan ini membahas persiapan ke arah itu (summit) sebenarnya dan kita ada enam working group mulai dari investment, Batam Bintan Karimun, transportasi, agribisnis. Pokoknya hampir di semua bidang," ucap Darmin usai pertemuan yang dilakukan Indonesia dan Singapura di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (16/9).

Darmin mengatakan bahwa segala upaya akan dilakukan agar kerja sama antara Indonesia dan Singapura terjalin.

"Memang itu selalu kita siapkan. Langkah-langkah selalu diakumulasikan untuk menghasilkan langkah-langkah konkret dari kerja sama kedua negara sehingga ini adalah bagian dari proses itu.

Darmin menyebut, langkah-langkah tersebut yang nantinya akan menjadi keputusan dalam program selama satu tahun. "Nanti langkah-langkah itu akan diputuskan untuk kerjaan kita setahun ini, termasuk yang sebelumnya dalam summit antara presiden dan perdana menteri Singapura," jawabnya.

Dari pertemuan tersebut, Darmin mengatakan ada beberapa hal yang juga disepakati. "Ada banyak. Ada Batam Bintan Karimun sampai digital. Tentu ada juga yang diusulkan, ada yang sudah agak maju, ada yang disepakati, ya macam-macam levelnya," tambahnya.

1 dari 1 halaman

Nilai Perdagangan antara Indonesia dan Singapura

Nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Singapura di 2018 mencapai USD 34,4 miliar. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 16 persen dari 2017. Pada semester 1-2019, perdagangan bilateral kedua negara tercatat sebesar USD 14,2 miliar atau 14 persen lebih rendah daripada periode sama di tahun lalu.

Di sisi lain, investasi Singapura ke Indonesia pada 2018 sebesar USD 9,2 miliar atau lebih tinggi 8,9 persen dibanding periode sama di 2017. Singapura memang merupakan sumber terbesar dari investasi luar negeri, yaitu sebesar 31,4 persen dari total foreign direct investment (FDI) di Indonesia.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia (mdk/idr)

Baca juga:
Jepang Terdepan Garap Proyek Kereta Api Jakarta-Surabaya
Pengusaha: Perjanjian Dagang RI-Mozambik Buka Peluang Ekspor di Afrika
Jokowi Minta WNI Terbelit Kasus Diberi Pertimbangan Hukum saat Bertemu Raja Malaysia
Temui Raja Malaysia, Jokowi Mau Pertamina Petronas Garap Proyek di Negara Lain
Jokowi Harap Kunjungan Raja Abdullah Mempererat Indonesia-Malaysia
Sasar Pasar Afrika, Indonesia Bakal Kerja Sama Dagang dengan Mozambik