Menko Darmin beberkan penyebab ekonomi RI tak tumbuh tinggi di 2016

UANG | 6 Februari 2017 16:28 Reporter : Faiq Hidayat

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan IV-2016 mencapai 4,94, menurun 1,77 persen dari triwulan III-2016. Jika dilihat secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 5,02 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi masih belum maksimal karena sektor penerimaan belum cukup baik, dan adanya pemotongan belanja pemerintah.

"Sedikit di bawah, tapi ya memang bagaimana pun kalau dilihat faktor apa yang mendorong ke arah itu. Memang penerimaan kita waktu itu memang tidak begitu baik, makanya dilakukan pemotongan anggaran," kata Darmin di Kantor INSW, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Dia menilai, pertumbuhan ekonomi masih di bawah karena karena konsumsi pemerintah pada 2016 turun 0,15 persen. Meski begitu, pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan masih stabil.

"Kalau melihat tendensinya sih walaupun mungkin angkanya tidak bergerak cepat ke atas tapi kelihatannya iya karena kalau dilihat beberapa bulan terakhir berkelanjutan kok. Kalau dibandingkan dengan sebelum setahun yang lalu itu masih belum, itu masih baru," kata dia.

Mengenai pertumbuhan ekonomi tahun 2017, dia mengaku belum bisa memprediksi karena pemerintah akan sibuk menjaga inflasi pada tahun ini. Sebab, pemerintah sudah terlanjur menaikkan sejumlah harga.

Selama Januari 2017, tingkat inflasi mencapai 0,97 persen. Dibandingkan pada Desember 2016 lalu, tingkat inflasi hanya sebesar 0,42 persen. Inflasi Januari 2017 didorong oleh kenaikan pengeluaran di sektor transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang mencapai 2,35 persen.

"Kita lebih sibuk dengan urusan inflasi kayaknya," tukasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Bos BI soal ekonomi RI turun: Ada pemotongan anggaran pemerintah
Pemerintah libatkan toko kelontong salurkan program beras sejahtera
3 Menteri Jokowi kunjungi INSW, ini hasilnya
BPS sebut Pilkada serentak pengaruhi pertumbuhan ekonomi RI
Ini catatan BPS soal pertumbuhan ekonomi RI di Triwulan IV-2016

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.