Menko Darmin: Penurunan Harga Tiket Pesawat Berada di Tangan Maskapai

UANG | 20 Juni 2019 16:19 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan bahwa penurunan harga tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) dengan rute domestik sepenuhnya berada di tangan pihak maskapai. Nantinya para maskapai akan menentukan sendiri jadwal-jadwal penerbangan mana saja yang akan diberlakukan.

"Jadwal itu akan dibuat akan disampaikan laporannya sama maskapai yang penerbangan. Setiap hari jam-jam segini misalnya. Dapat tarifnya adalah sekian persen," kata Menko Darmin saat konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Kamis (20/6).

Darmin memprediksi, paling tidak pekan depan pihaknya sudah menerima laporan terkait dengan jadwal penerbangan yang akan diberlakukan penurunan harga. Sebab, menurutnya masyarakat membutuhkan paling tidak dalam satu hari ada satu penerbangan murah.

"Kewenangan murni oleh maskapai, nanti diajukan kepada kita. Nanti diajukan rapat kembali. Masyarakat merasa perlu. Dia bisa pulang kampung atau ada perjalanan dengan biaya - biaya yang Anda (maskapai) tentukan penerbangan mana dalam sehari yang kemudian tarifnya berapa," sebutnya.

Sebelumnya pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) dengan rute domestik. Namun penurunan itu hanya berlaku untuk jadwal penerbangan tertentu saja. Artinya tidak semua penerbangan LCC akan diberlakukan penurunan tarif tiket pesawat.

Baca juga:
Turunkan Harga Tiket Pesawat, Pemerintah Siapkan Insentif Fiskal untuk Maskapai
Keputusan Baru, Pemerintah Jokowi Turunkan Harga Tiket Lion Air Cs
Menko Darmin Kembali Kumpulkan Pejabat Bahas Harga Tiket Pesawat Mahal
Menteri Rini 'Lari' Dicecar Tentang Tiket Pesawat Mahal dan Kasus PLN
VietJet Sebar 1 Juta Tiket Pesawat Mulai Harga Rp0 untuk ke Korea Hingga Jepang
Lion Air Sebar Tiket Promo, Jakarta - Padang Cuma Rp700.000-an

(mdk/idr)