Menko Darmin sebut infrastruktur bisa kurangi ketimpangan sosial

UANG | 8 Februari 2017 12:54 Reporter : Faiq Hidayat

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengaku tengah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan membangun infrastruktur yang merata di Indonesia. Pembangunan infrastruktur bisa mempengaruhi perkembangan antar daerah.

"Kalau infrastruktur dibangun, pertama yang menikmati adalah masyarakat berpendapatan rendah karena yang bekerja mereka dulu. Walau setelah jadi yang bisa memanfaatkannya adalah kalangan menengah ke atas," ujar Darmin saat acara Seminar Publik Paradigma Baru Kebijakan Ekonomi Indonesia di Kantor Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta, Rabu (8/2).

Menurut dia, jika pembangunan infrastruktur diwujudkan pemerintah, maka angka ketidakmerataan atau ketimpangan menurun. Namun, dia mengakui, bantuan sosial pemerintah juga menjadi salah satu hal yang bisa menurunkan angka gini ratio.

"Namun kalau bansos kan bukan barang baru. Jadi, membangun infrastruktur dan reformasi kebijakan, deregulasi, dan debirokratisasi, kita semua tahu kita sudah ada 14 paket kebijakan," jelas Darmin.

Selain itu, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi menurun pada tahun 2014 mencapai 5,02 persen, namun pada tahun 2016 pertumbuhan ekonomi terus meningkat meski ekonomi global lesu. Hal itu, kata Darmin, paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berjalan dengan baik.

"Di tahun 2014 kita sempat turun sedikit namun kemudian mencapai bottom dan mulai membaik di tahun 2015 dan 2016. Artinya, itu konfirmasi bahwa kebijakan kita berjalan sehingga kita tak terseret," tukasnya. (mdk/sau)

Baca juga:
Sri Mulyani sebut angka inflasi pengaruhi investasi dalam negeri
Darmin sebut pertumbuhan ekonomi 2017 jadi tantangan pemerintah
Produksi minyak AS buat harga minyak dunia anjlok
Harga emas stagnan di posisi Rp 592.000 per gram
Rupiah bergerak melemah ke level Rp 13.333 per USD
Asosiasi: Mutiara RI bernilai tinggi tapi kualitas rendah
5 Komentar lucu Jokowi dan tokoh RI terkait Trump dan kebijakannya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.