Menko Luhut Bakal Bahas Anggaran Perbaikan Alat Mitigasi Bencana Alam ke Kemenkeu
UANG | 11 Februari 2019 20:39 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menerima kedatangan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati ke kantornya Jakarta, guna membahas rencana perbaikan peralatan mitigasi bencana untuk di laut dan udara.

Menko Luhut mengatakan, beberapa hari terakhir Indonesia memang sempat mengalami cuaca ekstrim. Dengan kondisi tersebut, maka memerlukan peralatan yang lebih canggih untuk mendeteksi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Itu kan kemarin cuaca ekstrem dan kedua ada peralatan mereka (BMKG) juga yang perlu ada perbaikan. Untuk udara dan laut masih perlu perbaikan atau masih perlu diupgrade lebih canggih lagi," kata Menko Luhut saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (11/2).

Terkait dengan anggarannya, Menko Luhut mengaku akan membahas lebih lanjut dengan Kementerian Keuangan. Dengan begitu, rencana perbaikan sistem mitigasi tersebut dapat segera selesai pada tahun ini.

"Ya ini mau kita (bahas) tadi saya udahbbicara sama Wamenkeu (Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo) bagaiaman bisa dibantu itu. Kita mau dalam setahun ke depan," imbuhnya.

Sementara itu, Staf Khusus Kemenko Maritim Atmaji menambahkan saat ini fokus pengadaan alat penanggulangan bencana berada pada sektor laut dan udara. Sebab, selama ini fokus tersebut hanya berada di darat saja, padahal sektor udara juga menjadi bagian penting.

"Ya prioritas kan laut kan, berupa tsunami dan gempa laut dalam dan udara juga penting Jadi mesti dibicarakan," katanya.

Baca juga:
Wapres JK: PMI Bertahan Sampai Akhir di Lokasi Bencana
Indonesia Harus Contoh Chile dan Jepang soal Mitigasi Bencana
Angin Puting Beliung Rusak 19 Rumah di Indramayu
Menteri Jonan Minta Badan Geologi Tata Ulang Wilayah Rawan Bencana
Jokowi Minta Kepala Daerah Tegas, Masyarakat Dilarang Tinggal di Daerah Rawan Bencana

(mdk/azz)