Menko Luhut: Bakamla Organisasi Banci

UANG | 9 Mei 2019 16:27 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi satu pembicara dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019. Dalam kesempatan itu, dia berbicara banyak mengenai kelautan Indonesia dan pengamanannya.

Dia menilai peran coast guard (penjaga laut) atau yang lebih dikenal Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Indonesia saat ini belum bagus. Dia bahkan menyebut Bakamla organisasi banci, karena kewenangan Bakamla berada di bawah Kementerian Perhubungan.

"Kita punya coast guard tidak bagus. Tidak ada coast guard kita ini, kenapa coast guard kita atau Bakamla itu organisasi banci, kenapa? kewenangannya ada di Kementerian Perhubungan, di Ditjen Laut mengenai coast guard itu," ujarnya di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (9/5).

Dia melanjutkan, untuk meluruskan posisi Bakamla saat ini, pemerintah tengah melakukan harmonisasi perundang-undangan. Harmonisasi tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 6 bulan.

"Jadi undang-undang yang presiden perintahkan akan lakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan, itu menurut saya sudah benar sekali. Jadi presiden sudah perintahkan dalam 6 bulan selesai harmonisasi peraturan perundang-undangan," tandasnya.

Baca juga:
Bakamla Tangkap Kapal BBM Ilegal di Teluk Jakarta
TB Hasanuddin akui Fahmi Habsyi, eks staf Kabakamla pernah jadi caleg PDIP
Kasus Bakamla, KPK periksa TB Hasanuddin pekan depan
Ini alasan BPK berikan opini disclaimer pada laporan keuangan KKP dan Bakamla
Kasus Suap Bakamla, Nofel Hasan terima JC ditolak dan vonis 4 tahun bui
Mantan pejabat Bakamla divonis empat tahun penjara

(mdk/azz)